News

Pembangunan LRT Harus Utamakan Keselamatan

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengimbau pekerja mengutamakan keselamatan dan kesehatan dalam upaya percepatan pembangunan infrastruktur, khususnya proyek light rail transit (LRT) Jabodebek.

Pemprov tak ingin kebocoran pipa gas di Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Senin (12/3/2018) malam, yang di duga akibat proyek LRT terulang lagi. Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, kecelakaan kerja itu sangat fatal, meskipun tidak menimbulkan korban jiwa. “Mungkin lelah. Mungkin mereka dikejar tayang,” katanya.

Dia mendukung pembangunan infrastruktur sekaligus upaya percepatannya. Namun, jangan mengesampingkan kaidah-kaidah standard operational procedure (SOP) yang benar.

Untuk memastikan keselamatan dan kesehatan para pekerja proyek infrastruktur yang ada di Jakarta, Sandi menginstruksikan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) DKI turun ke lapangan mulai kemarin. Kepala Disnaker DKI Jakarta Priyono menuturkan, sejak awal pembangunan pihaknya terus mengimbau pelaksana proyek memenuhi syarat keamanan, kesehatan, dan keselamatan kerja (K3).

Sepengetahuan dia, pelaksana proyek belum keluar dari SOP dan syarat K3 tersebut. “Kami sifatnya pembinaan. Kalau untuk pengecekan, tadi pagi ada bagian pengawasan dan saya belum mendapat laporan,” ungkapnya.

Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Ricardo menilai, kebocoran pipa gas diduga akibat proyek LRT merupakan sebuah kecerobohan pelaksana pembangunan. Dia meminta Pemprov DKI bersama pemerintah pusat mengaudit seluruh bangunan yang ada di Jakarta dan memberikan sanksi kepada pelaksana agar tidak dipercaya lagi mengerjakan proyek.

Sebab, dalam pelaksanaan pembangunan harus ada masterplan. Dalam masterplan itu dapat diketahui titik-titik rawan pengerjaan, apakah ada pipa, kabel, ataupun utilitas lainnya.

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com