News

Polemik Disahkannya UU Pilkada, Ketua DPR : yang Ajukan Judicial Review akan Sia-sia

JAKARTA, Edunews.id-– DPR RI optimistis pengajuan judicial review atas Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan sia-sia. Meski begitu, Ketua DPR RI Ade Komaruddin mengatakan, siapa pun berhak mengajukan judicial review atas UU Pilkada jika merasa dirugikan.

Beberapa pasal memang masih mendapat perdebatan. Salah satu yang menjadi perdebatan adalah pasal yang mewajibkan anggota DPR, DPD, dan DPRD mundur sejak ditetapkan menjadi calon kepala daerah.

Menurut pria yang akrab disapa Akom itu, Mahkamah Konstitusi (MK) pasti tidak akan meladeni pengajuan uji materi terkait pasal harus mundur tersebut. Sebab, MK memiliki dasar yurisprudensi pada putusan MK sebelumnya.

“MK tidak akan meladeni judicial review karena itu referensinya yurisprudensi putusan MK yang dulu,” ujarnya, di Kompleks Parlemen Senayan, Jumat (3/6/2016).

Baca juga :  Ketua Jakarta Tourism Forum Optimis Wisata Ibukota Aman Dibuka dengan Protokol Ketat

Akom menambahkan, hal yang sama juga terjadi dengan sistem pemilihan yang menganut proporsional terbuka. Kalau ada pihak yang ingin mengajukan uji materi atas sistem proporsional terbuka untuk dikembalikan menjadi sistem proporsional tertutup, hal itu juga sia-sia. Sama seperti uji materi untuk pasal anggota DPR, DPD, dan DPRD harus mundur.

Advertisement

Politikus Partai Golkar ini mengatakan, banyak guru besar bidang hukum mengeluh soal putusan MK. Guru besar tersebut banyak yang menjadi tim penyusun undang-undang, tetapi hasil UU yang mereka buat dibatalkan MK akibat uji materi.

Dalam hal ini, kata Akom, bukan bicara soal kompetensi personal, tetapi berbicara dengan dasar konstitusi bernegara. Uji materi dibolehkan untuk memberi ruang kepada pihak yang merasa dirugikan akibat diberlakukannya suatu UU. “Sepanjang konstitusi belum berubah, kita tidak boleh protes pada konstitusi yang mengatur itu,” tegasnya.

[Republika]

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com