News

Penjelasan Al-Qur’an tentang Peredaran Udara dalam Tubuh

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Manusia mungkin tidak menyadari bahwa sesungguhnya pernapasan merupakan proses yang kompleks. Dalam buku yang membahas tentang keajaiban dunia, Harun Yahya menjelaskan bahwa saluran pernapasan akan membersihkan dan mengatur kelembaban udara yang manusia hirup.

Sehingga, udara yang mencapai paru-paru adalah udara yang bersih. Udara yang bersih kemudian diedarkan melalui pembuluh darah dalam paru-paru untuk memberi asupan makanan bagi sel-sel di seluruh tubuh.

Dalam buku ‘Al-Qur’an vs Sains Modern menurut Dr Zakir Naik’ karya Ramadhani dkk, udara tersebut juga akan menerima karbondioksida hasil buangan dari sel-sel tubuh yang akan dikeluarkan saat manusia membuang napas.

Pertukaran oksigen dan karbondioksida merupakan proses yang sangat penting bagi tubuh manusia. Semua proses itu terjadi secara otomatis, baik dalam keadaan sadar maupun dalam keadaan tidak sadar.

Baca juga :  Ini Keutamaan Shalat Berjamaah di Awal Waktu

Apabila proses itu dikendalikan oleh kesadaran manusia, maka di saat manusia tidur, maka manusia akan berhenti bernapas. Namun, kenyataannya tidak demikian.

Semua itu terjadi atas kehendak Allah, sebagaimana firman-Nya dalam salah satu ayat. “Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah),” Surah Ibrahim Ayat 34.

OZ | EDUNEWS.ID

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!