Nasional

Polemik Pendataan Kiai dan Ponpes, Kapolda Temui Ketua MUI Jatim

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, Abdusshomad Buchori

SURABAYA, EDUNEWS.ID — Pendataan kiai dan pondok pesantren yang ada di wilayah Jawa Timur oleh Kepolisian Daerah Jatim menjadi viral beberapa hari terakhir ini. Guna meluruskan maksud dan tujuan pendataan, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin telah bertemu dengan Ketua MUI Jatim KH Abdushomad Bukhori pada Sabtu (4/2) malam.

Dalam acara yang berlangsung di Masjid Al-Akbar Surabaya ini, Machfud dan Abdushomad menggelar konferensi pers setelah pengajian usai. “Pendataan terhadap ulama yang dilakukan Polda Jatim adalah untuk mendukung giat silaturahmi yang akan kami lakukan ke para ulama dan tidak ada tujuan lain,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera lewat keterangan tertulis, Ahad (5/2/2017).

Baca juga :  Tolak Full Day School, PB NU Apresiasi Sikap Tegas Pesantren Denyanyar

Frans menyampaikan, jajaran Polda Jatim juga berencana akan menyampaikan hal ini kepada para ulama di Madura pada pertemuan hari ini di Bangkalan.

Advertisement

Dalam pertemuan semalam, ada beberapa hal penting yang didiskusikan untuk menyikapi seputar permasalahan di kalangan umat Islam. Di antaranya upaya menyiapkan dai MUI yang dididik untuk memberikan dakwah secara moderat, sejuk, dan menguatkan nasionalisme serta tidak provokatif.

Menurut Frans, Polri sejalan dengan MUI yang mempersiapkan pengurus-pengurus masjid agar memperkuat masjid dan mushola. “Dengan demikian masjid dan mushola tidak dapat diambil alih oleh jamaah yang berpaham radikal,” tambahnya.

Polda Jatim dan MUI sepakat untuk berkolaborasi dalam menguatkan umat melalui dakwah yang sejuk sekaligus membangun kesadaran hukum masyarakat. Setelah mendampingi Ketua MUI Jatim Kapolda kemudian melanjutkan silaturahmi dengan pengasuh Pondok Pesantren Progresif Bumi Sholawat pimpinan Gus Ali dari di Sidoarjo.

REP

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com