News

Polemik Permen KP Nomor 71, INKA Desak Wali Kota Bantu Selesaikan Permasalahan Nelayan Kerang Tanjungbalai

SITUASI BONGKAR MUAT KERANG DI PELABUHAN TANJUNGBALAI

TANJUNGBALAI, EDUNEWS.ID – Ikatan Nelayan Kerang (INKA) Tanjungbalai, Sumatera Utara meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menguji secara akademis Peraturan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan nomor 71 tahun 2016 tentang jalur penangkapan dan penempatan alat penagkap ikan di wilayah pengelolaan NKRI.

Hal itu dikarenakan Permen KP tersebut bertabrakan dengan fakta kondisi zona laut di wilayah Tanjungbalai, Asahan, Sumut. Dimana diwilayah laut Tanjungbalai sepanjang 2 mil dari bibir pantai tidak ditemukan kerang. Sedangkan didalam Permen KP nomor 71 tahun 2016 dalam BAB II pasal 4 ayat 1 huruf a hanya diperbolehkan sampai 2 mil dari bibir pantai.

“Permen KP nomor 71 tahun 2016 itu tidak bisa diterapkan di zona laut wilayah Tanjungbalai. Menjadi pertanyaan, apakah pihak kementerian tidak melakukan riset terlebih dahulu sebelum menerbitkan suatu regulasi?” ujar Ketua INKA, Arjuna Winata kepada edunews.id, Selasa (21/2/2017).

Baca juga :  Kontrovesi Poligami, PSI Dinilai tidak Memiliki Strategi Kreatif

Permen KP tersebut menyebabkan banyaknya kapal tangkap kerang yang tidak beroperasi. INKA menerangkan hal itu dikarenakan ketakutan nelayan jika beroperasi akan terkena razia oleh oknum aparat.

“Kami mau makan dari mana lagi? Kalau beroperasi kita kena razia. Atau bisa terhindar dari razia jika kita membayar kepada mereka. Bisa sampe jutaan kalau mereka minta. Ini kan sama saja dengan pungli,” bebernya.

INKA juga meminta kepada Wali Kota Tanjungbalai agar dapat membantu menyelesaikan permasalahan ini. Ikon Tanjungbalai sebagai ‘Kota Kerang’ hanya akan sekedar ikon jika nelayan kerangnya sendiri tidak dapat menangkap kerang. INKA berharap pemerintah dapat mengeluarkan izin pengecualian penangkapan kerang untuk wilayah laut Tanjungbalai.

Baca juga :  Reuni 212, Wiranto harap Jangan jadi Penghambat Pemilu

[NHN]

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com