Politik

AHY Berpotensi Bikin Kecewa Partai Pendukung Jokowi

Presiden Jokowi dan AHY

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Potensi kekecewaan bisa muncul dari parpol pendukung calon presiden (capres) Joko Widodo jika Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang akhirnya dipilih sebagai cawapres. Apalagi, parpol-parpol itu sudah menyorongkan tokoh pilihannya untuk menjadi pendamping Jokowi.

“Tidak mudah bagi partai lain untuk menerima AHY. Ada sistem konvensi dan tinggal Jokowi mau atau tidak melakukan itu,” ujar pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Indria Samego, Rabu (14/3/2018).

Partai pendukung Jokowi bisa kecewa apabila tokoh-tokohnya gagal bersanding dengan Jokowi. Indria menilai mereka bisa saja mencabut dukungannya. Menurut analisanya, persoalan sebenarnya terletak pada jumlah kandidat cawapres yang banyak.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusung Muhaimin Iskandar sebagai cawapres 2019. Romahurmuziy dari PPP juga merapat kepada Jokowi. Sementara, lanjutnya, Partai Demokrat juga akan mengusung AHY untuk disandingkan dengan Jokowi dalam Pilpres 2019.

“Semua partai (mengusulkan calon), barangkali kecuali Surya Paloh (Partai Nasdem). Jadi, masalahnya di situ. Banyak calon mengakibatkan tidak mudah seleksi,” kata dia.

Ia menilai Jokowi harus melakukan kajian awal terkait siapa yang layak untuk mendampinginya. Bila Jokowi telah memiliki keputusan, maka hal itu pun berpotensi membuat para ketua masing-masing partai pengusung bisa menerima dengan mudah.

REPUBLIKA

Baca Juga :   Di hadapan MK, Anies Sebut Pilpres Tidak Adil dan Jujur

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com