Politik

Anak Menang di Pilkada Mamuju, Pengamat: SDK Menjadi Ancaman Nyata Nantinya di Pilgub Sulbar

Suhardi Duka

MAKASSAR, EDUNEWS.IDPemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 yang telah usai digelar merupakan awal memanaskan mesin politik pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2022, mendatang.

Kemenangan kandidat pada Pilkada di sejumlah daerah, khususnya di Provinsi Sulawesi Barat menghasilkan tokoh pemimpin kuat yang diprediksi bakal maju dalam pertarungan pada Pilgub Sulbar.

Salah satunya, kemenangan Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 1, Sitti Sutinah Suhardi dan Ado Mas’ud (Tina-Ado) di Pilkada Kabupaten Mamuju menjadi ‘buah bibir’ di tengah masyarakat Sulawesi Barat. Pasalnya Ayah dari Sutinah Suhardi (Tina), Suhardi Duka (SDK) yang kini menjabat sebagai Anggota DPR RI di Senayan, Jakarta Pusat, diisukan sebagai calon terkuat pada Pemilihan Gubernur tahun 2022 mendatang.

Menurut Direktur Lembaga Kajian Politik dan Pemerintahan Mars Institute, Suaib Napir mengatakan, kemenangan anak dari SDK di Pilkada Mamuju menjadi ancaman bagi Andi Ali Baal Masdar (ABM) yang kini menjabat sebagai Gubernur Sulbar Periode 2018-2022, jika kembali maju dalam Pilgub  tahun 2022.

Baca juga :  Bandingkan Pemilih, Ahmad Basarah: Suara Saya Kalah dari Artis Krisdayanti

“Kekuatan SDK menjadi ancaman nyata n

Advertisement
antinya di Pilgub Sulbar diantara kekuatan ABM ataupun AIM yang kita lihat salah satu diantara dua bersaudara akan maju kembali di pilgub Sulbar,” katanya kepada Wartawan Edunews.id, Minggu (13/12/2020).

Ia menjelaskan, kemenangan Tina-Ado tak lepas dari kekuatan politik SDK hingga tingkatan bawah yang masih begitu kuat.

“SDK termasuk tokoh yang akan diwaspadai rival politiknya menjelang pilgub Sulbar yang akan datang,” tambah Suaib.

Walaupun Pilkada Mamuju merupakan langkah awal SDK dalam menunjukkan kekuatan politiknya ke depan, dia juga menyebutkan sejumlah kepala daerah yang diprediksi bakal maju pada Pilgub Sulbar mendatang.

“Lebih lanjut saya menilai bahwa kemungkinan ada kandidat lain yang juga akan hadir mewarnai bursa pencalonan pilgub nantinya, seperti Aras Tammauni, Agus Ambo Jiwa, dan tokoh politik lainnya. Meski demikian, setiap calon pemimpin di Sulbar kedepan diharapkan dapat membawa harapan dalam membangun Sulbar ke arah lebih maju,” tutup Suaib, yang juga dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Gorontalo (UG).

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com