Politik

Bamsoet Harap Pemilu Cerminkan Demokrasi Yang Berkualitas

 

 

SEMARANG, EDUNEWS.ID – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo berharap Pilkada, Pileg, dan Pilpres kali ini tidak hanya bersifat prosedural, tetapi juga punya makna substansial mencerminkan proses demokrasi yang berkualitas.

“Saya meminta partai politik maupun para kandidat yang maju dalam pemilihan selalu mengedepankan ide, program, serta visi dan misi. Sehingga mendorong tumbuh dan berkembangnya kepercayaan serta optimisme masyarakat terhadap sistem demokrasi,” tutur Bamsoet di Semarang, akhir pekan lalu.

Bamsoet juga mengajak insan jurnalis berperan sebagai penyedia infromasi yang akurat dan berimbang. Menjalankan profesi secara profesional serta memiliki kebebasan yang bertanggung jawab.

“Jaminan keterbukaan informasi publik menjadi salah satu ciri lain dari demokrasi yang berkualitas. Pers memiliki peran penting penyalur aspirasi masyarakat, pembelajaran dan pendidikan, program pemerintah dan kebijakan publik, menginvestigasi masalah publik, opini publik, informasi masyarakat, dan komponen pendukung infrastruktur politik,” ujar Bamsoet.

Baca juga :  Anggota Pansus Angket Mulai Dibidik KPK

Bamsoet menyadari, di beberapa daerah masih ada kerawanan dilihat dari kontestasi yang terkait politik identitas dan penggunaan isu sara. Dibanding tahun lalu, Pilkada serentak kali ini akan lebih dinamis karena melibatkan 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten.

Bamsoet juga menyoroti hasil penilaian amnesty internasional yang menyebutkan tahun 2017 sebagai tahun politik kebencian yang seringkali dikapitalisasi kepentingan politik dan bisnis. Karena itu, di tahun 2018 yang dikenal dengan tahun politik, langkah preventif perlu disiapkan.

“Saya sudah komunikasikan dengan berbagai pihak, KPU, Bawaslu, Polri, BIN, TNI, maupun Pemda harus saling berkoordinasi. Tak kalah penting adalah para tokoh masyarakat maupun pemuka agama. Saya yakin bisa menjadi penyejuk masyarakat. Jika semua bisa bersinergi dengan baik, kita tidak akan berikan celah sedikitpun bagi para pembuat onar,” tutur Bamsoet.

Baca juga :  Pengamat : Jangan Sampai Tuduhan Makar Halangi Kebebasan Berpendapat

Bamsoet juga meyakinkan, DPR RI sebagai salah satu pilar demokrasi akan tetap menjalankan fungsi pengawasan, terutama dalam memantau pelaksanaan kampanye di Pilkada, Pileg, hingga Pilpres.

“Partai politik dan kandidat harus menyadari bahwa masyarakat semakin cerdas. Cara usang politik adu domba maupun janji manis setinggi langit sudah tidak laku. Kita kedepankan politik adu ide dan gagasan. Sehingga pelaksanaan Pilkada serentak hingga Pileg dan Pilpres kali ini harus menjadi bukti nyata bersatunya semua komponen bangsa dalam menumbuhkembangkan demokrasi yang berkualitas,” tutupnya.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com