Politik

Gagas Poros Alternatif, PKB Ajak Parpol Islam Bersatu

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) secara intensif menggagas poros alternatif, yakni dengan mengajak partai-partai berbasiskan Islam untuk bersatu.

Akan tetapi, Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lukman Edy menjelaskan, tujuan utama gagasan ini bukanlah mengajukan calon pemimpin untuk maju ke Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, melainkan mendukung penyelenggaraan agenda keumatan.

Lukman menjelaskan, gagasan ini dikarenakan adanya kebutuhan mendesak agar umat Islam tidak terkesan terpinggirkan seperti yang sekarang terjadi. “Dengan berkumpulnya partai berbasis Islam, semoga nantinya kami dapat memiliki agenda yang sama,” tuturnya, Rabu (14/3/2018).

Setidaknya, ada lima program yang akan diusung PKB dalam poros ini. Di antaranya, peningkatan peran serta sumber daya manusia yang rahmatan lil alamin untuk mencegah oknum yang merusak tatanan Indonesia. Selain itu, perekonomian umat yang konkrit memberi keuntungan masyarakat turut menadi bagian dari agenda.

Karena lebih memfokuskan pada agenda keumatan, Lukman menegaskan kemungkinan adanya pencalonan dari poros alternatif ini masih kecil. Apalagi, dia menyatakan, perlu koordinasi dengan partai-partai Islam lainnya untuk mengajukan nama calon.

Adapun sejumlah partai Islam sudah menentukan arah koalisi pada Pilpres 2019. PPP sudah mendeklarasikan untuk mndukung Joko Widodo (Jokowi) sedangkan PKS kemungkinan melanjutkan koalisi dengan Partai Gerindra.

Selain itu, Lukman menyatakan, PKB menginginkan mencalonkan cawapres untuk bresanding dengan Jokowi. “Sebab, sebagian besar pemangku kepentingan PKB masih menginginkan agar Muhamaimin Iskandar atau Cak Imin disandingkan sebagai cawapres dari Jokowi,” ucapnya.

Kendati demikian, Lukman tidak menutup kemungkinan poros alternatif ini bisa mengembangkan tujuannya dengan mengajukan calon pemimpin. Terlebih, apabila poros pertama dan kedua tidak fokus pada agenda keumatan.

Baca Juga :   Ini Alasan NasDem Jakarta Dukung Ahmad Sahroni Jadi Cagub!

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com