Politik

GEPRINDO Himbau Warga Jakarta Aktif Cegah Kecurangan

JAKARTA, EDUNEWS.ID –  Temuan 15 Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda di Jakarta Utara dan Jakarta Barat oleh Tim Anies-Sandi serta tidak tertutup kemungkinan akan terus bertambah jumlahnya, merupakan potensi kecurangan pilkada pada 19 April 2017 mendatang.

Gerakan Pribumi Indonesia (GEPRINDO) mengharapkan warga Jakarta dapat berperan aktif mensukseskan pilkada tanpa kecurangan, sekaligus memastikan kemenangan Anies-Sandi, tindakan itu berarti membantu KPUD dan Bawaslu serta penyelenggara pilkada lainnya.

“Alangkah baiknya bila warga berinisiatif mencegah kecurangan di TPS masing-masing. Hal sederhana yang bisa dilakukan misalnya dengan membentuk tim pengawas pilkada disetiap TPS secara sukarela. Langkah awal yang bisa dilakukan dengan mengadakan rapat warga di setiap TPS,” kata Presiden GEPRINDO, Bastian P Simanjuntak dalam siaran persnya, Minggu (10/4/2017).

Baca juga :  Pemikiran Gusdur Diyakini akan Dilanjutkan oleh Pasangan Jokowi-Ma'ruf

Langkah sederhana itu menurut GEPRINDO dapat mencegah pemilih ganda, serta bentuk kecurangan lain disetiap TPS. Kita ingin pilkada berjalan sesuai prinsip demokrasi, karenanya peran aktif warga disetiap TPS akan mewujudkan hal tersebut.

Advertisement

“GEPRINDO berharap warga tidak pulang sebelum hasil diumumkan PPS. Warga dengan menggunakan handphone nya sebaiknya memotret hasil akhir disetiap TPS nya dan membagikan foto tersebut ke akun sosmed (Sosial Media) masing-masing. Hendaknya hasil rekapitulasi suara yang sudah ditanda tangani KPPS dan para saksi sehingga memiliki keabsahan formal,” harap Bastian.

Bastian melanjutkan, Jakarta harus menjadi teladan dalam berdemokrasi karena Jakarta representatif kemajemukan, semua suku bangsa yang ada di Indonesia ada di Jakarta. Warga yang aktif dalam pilkada tanpa dibayar akan menjadi teladan pula bagi warga lain di luar Jakarta.

EDUNEWS.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com