Nasional

Hasto Sebut Calon Kepala Daerah Usungan PDIP akan Serentak Daftar ke KPU pada Hari Jumat

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memastikan seluruh bakal calon yang diusung PDIP pada Pilkada Serentak 2020 akan mendaftarkan diri di hari pertama, Jumat (4/9/2020).

Hasto menyampaikan para bakal calon itu akan serentak mendaftar ke KPU daerah masing-masing usai Salat Jumat. Dia bilang hal ini sebagai bentuk komitmen PDIP dalam mendukung penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020.

“Pada tanggal 4 September 2020 itu bertepatan dengan hari Jumat. Sehingga nanti setelah jumatan kami menyisihkan waktu Indonesia timur, tengah, dan barat kami akan melakukan pendaftaran secara serentak,” kata Hasto dalam jumpa pers di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (4/8/2020).

Hasto berharap langkah ini bisa meringankan kerja penyelenggara pemilu. Sebab KPU di daerah tidak direpotkan dengan pendaftaran kandidat mendekati batas waktu yang cenderung terburu-buru.

Baca juga :  Mentan SYL Nilai 'Panik Buying' Buat Harga Gula dan Bawang Mahal

Dia juga berharap langkah PDIP ini diikuti oleh partai politik lainnya. Sehingga peserta dan penyelenggara pemilu bisa menunjukkan komitmen yang baik dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020.

Advertisement

Selain soal pendaftaran di awal waktu, Hasto menyebut PDIP juga punya itikad baik dalam pembaharuan data partai politik. Hal itu ditunjukkan dari langkah PDIP menyerahkan data kepengurusan partai ke KPU hari ini.

“Kami datang dan juga sebagai bentuk kesiapan dari PDIP, kami yang pertama kali datang untuk mengikuti seluruh tahapan-tahapan,” ucapnya.

Di saat yang sama, Ketua KPU Arief Budiman menyebut baru ada dua partai politik yang memperbarui data kepengurusan lewat Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL), yakni PDIP dan Partai Demokrat.

“Mudah-mudahan ini juga menjadi pesan penting kepada parpol yang belum menyampaikan daftar kepengurusannya bisa segera disampaikan,” ujar Arief.

Pilkada Serentak 2020 akan digelar 9 Desember 2020 dengan melibatkan 270 daerah. Kemendagri telah menyerahkan 105.852.716 data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) kepada KPU.

cnn

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com