Politik

Ini Sikap Golkar Terkait Keinginan Bamsoet Soal Pilkada Lewat DPRD

 
 
JAKARTA, EDUNEWS.ID – Partai Golkar belum punya sikap resmi terkait wacana pemilihan kepala daerah dikembalikan melalui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) atau secara tidak langsung.
Padahal, Wakil Ketua Koordinator Bidang Pratama DPP Partai Golkar yang juga Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menggaungkan perubahan mekanisme pemilihan tersebut. “Golkar belum ada sikap resmi,” ujar Ketua DPP Golkar Bidang Legislatif, Eksekutif dan Lembaga Politik, Yahya Zaini, Kamis (12/4/2018).
Yahya mengungkapkan, di masa kepemimpinan Airlangga Hartarto, Golkar sama sekali belum pernah membahas tentang evaluasi sistem pilkada. Namun begitu, ketika Golkar berada di bawah Aburizal Bakrie, pihaknya telah sepakat bahwa pilkada dipilih melalui DPRD.
“Sekarang dengan Ketum baru kita belum pernah membahas secara kelembagaan. Tapi wacana di Golkar saya kira cenderung sebagian besar (memilih) dikembalikan ke DPRD,” jelas Yahya.
Menurut Bamsoet, korupsi yang dilakukan kepala daerah merupakan buah dari politik uang dan politik transaksional. Bamsoet pun mengaku sudah membahas wacana ini bersama Mendagri Tjahjo Kumolo.
Ia juga mengaku mendapatkan saran dari Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan terkait akar persoalan maraknya kasus korupsi akibat dari penyelenggaraan pilkada langsung.
Lantaran mahalnya biaya yang dikeluarkan, menurut Bamsoet, sistem politik pada pemilihan langsung masih memiliki banyak celah yang mendorong para kepala daerah untuk melakukan korupsi.
Sementara itu, KPK menampik ucapan Bamsoet yang mengatakan bahwa pihaknya menyarankan agar kepala daerah dipilih melalui DPRD. Menurut Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, itu tidak benar. “Kami tegaskan hal tersebut tidak benar,” ujar Febri di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Baca Juga :   Rilis Terbaru Archi : Ridwan Kamil dan Sahroni Berpotensi 'Head to Head' di Pilgub DKI 2024

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com