Politik

Jokowi Disarankan Gandeng Puan Sebagai Cawapres

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Politikus PDI Perjuangan Erwin Muslimin Singajuru mengusulkan agar Joko Widodo (Jokowi) memilih perempuan sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Secara khusus, dia mengajukan nama Puan Maharani sebagai pendamping Jokowi pada pesta demokrasi tahun depan.

“Saya melihat dengan pertimbangan yang realistis, pak Jokowi harus mempertimbangkan calon wakil presiden perempuan. Kalau saya subyektifnya Mbak Puan,” kata Erwin kepada wartawan, Rabu (8/3/2018).

Dengan pilihan cawapres perempuan, menurut dia, Jokowi bisa lebih menunjukkan kepedulian terhadap isu-isu dan persoalan gender. Dia mengungkapkan, dalam sejarah republik ini baru sekali perempuan menjadi kepala negara, yakni Megawati Soekarnoputri yang merupakan ibu dari Puan.

Namun, proses yang mengantarkan Megawati ke kursi orang nomor satu di Indonesia berbeda dengan sekarang. Kala itu, pemilihan presiden belum secara langsung dilakukan oleh rakyat melalui pemilu.

Selain itu, dia mengatakan, pilihan tersebut akan baik bagi PDI Perjuangan. Menurut dia, Puan merupakan pilihan rasional untuk regenerasi kepemimpinan di internal PDI Perjuangan. Ia yakin partai koalisi akan menerima pilihan Jokowi ini.

Persoalannya yang mungkin mengganjal Puan menjadi pendamping Jokowi, dia menyebutkan, hasil survei atau elektablitas Jokowi. “Masih aman atau tidak memilih cawapres dari perempuan dan kalangan PDIP sendiri,” kata dia.

Dia mengatakan jika hingga jelang pendaftaran pilpres mendatang Jokowi berada di angka persentase aman maka calon wakil presiden perempuan untuk mendampingi Jokowi bisa direaliasikan. Kendati demikian, dia menambahkan, pilihan wakil presiden menjadi sepenuhnya hak Jokowi dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Baca Juga :   AHY Ungkap Prabowo Minta Siapkan Sejumlah Kader Demokrat untuk Jadi Menteri

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com