Politik

LIPI : Pasca Pilkada Serentak Peta Pilpres tak Banyak Berubah

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kepala Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Firman Noor menilai peta koalisi pendukung calon presiden (capres) tidak akan banyak berubah setelah Pilkada Serentak 2018 lalu.

Partai yang menyatakan bagian dari pemerintah dan oposisi akan punya kalkulasi capres yang cenderung tidak sesuai hasil pilkada. “Mengabaikan hasil pilkada jelas bukan sesuatu yang bijak, tetapi menjadikan hasil pilkada sebagai tolak ukur yang final, saya kira juga sama tidak bijaknya,” kata Firman kepada wartawan, Ahad (1/7/2018).

Partai seperti Nasdem dan PAN yang kandidat kepala daerahnya banyak meraih kemenangan tetap membutuhkan koalisi untuk memenuhi syarat capres 20 persen kursi di parlemen. Selain itu, ia tidak melihat Nasdem akan membuat poros baru, karena akan tetap ke Jokowi.

Baca juga :  Ketum PB HMI Sebut UU MD3 Bungkam Demokrasi

Sedangkan PAN walaupun sempat memunculkan wacana Amien Rais capres tetap membutuhkan koalisi. Termasuk jika Demokrat yang akan membuat poros ketiga membutuhkan koalisi untuk melengkapi syarat 20 persen. “Apakah dari pilkada kemarin mudah membuat PKS dan Gerindra berputus asa dan berpisah. Saya kira itu tidak mungkin semudah itu,” kata dia.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!