Politik

Pelantikan Nurhajizah Marpaung Masih belum Jelas

Brigjen TNI (Purn) Nurhajizah Marpaung BERSAMA Muhammad Lutfi Idris Ramne Dalam pemilihan Wakil Gubernur Sumut pada Oktober 2016 lalu

MEDAN, EDUNEWS.ID – Pelantikan Wakil Gubernur Sumatera Utara terpilih periode sisa masa jabatan 2013-2018, Brigjen TNI (Purn) Nurhajizah Marpaung masih menunggu kejelasan. Mantan Calon Bupati Asahan tersebut diusung DPD Partai Hanura dalam pemilihan Wakil Gubernur Sumut pada Oktober 2016 lalu.

Kala itu, Nurhajizah berhasil meraih perolehan suara di atas kompetitornya yang diusung PKS, Muhammad Lutfi Idris Ramne. Meski memperoleh suara terbanyak dari DPRD Sumut, namun hingga kini purnawirawan TNI AD tersebut tak kunjung dilantik.

Anggota Fraksi Hanura DPRD Sumut, Aduhot Simamora mengakui bahwa lambatnya pelantikan Nurhajizah membuat pihaknya merugi dari segi politik.

“Jelas dong, kalau itu kita merasa rugi. Artinya secara khusus kami rugi, secara umum rakyat di Sumut juga rugi. Undang-undang kan mengatur adanya Gubernur dan Wakil Gubernur agar kerjanya maksimal. Tapi ternyata dari sekian lama tidak ada Wakil Gubernur (Sumut),” ujar Aduhot, Selasa (28/2/2017).

Baca juga :  Kursi Wagubsu Digoyang

Aduhot mengatakan, Pemprov Sumut melalui Gubernur Tengku Erry Nuradi semestinya proaktif mengawal jadwal pelantikan Nurhajizah. Sebab, menurut Aduhot, Nurhajizah telah sah menjadi Wakil Gubernur Sumut terpilih setelah melalui berbagai mekanisme pemilihan yang telah ditetapkan.

Selain itu, katanya, Presiden Joko Widodo juga telah menerbitkan Keputusan Presiden untuk Nurhajizah sehingga hanya menunggu waktu pelantikan.

“Gubernur Sumut sifatnya juga menunggu, tapi memang kita berharap juga agar Gubernur (Sumut) jemput bola. Itu harapan kita meski bukan kewajiban beliau,” ujar Aduhot.

Namun, Aduhot menuturkan bahwa ada info dalam waktu dekat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan melakukan pelantikan. Hal itu beradasarkan surat dari Kemendagri yang dikirim ke Sekretaris Negara agar dijadwalkan pelantikan.

Baca juga :  Wakil Ketua Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf Sebut Politik Identitas Sudah tak Laku

“Saya tidak tahu pasti, tapi dugaan saya dalam waktu dekat akan dilantik. Karena sudah ada surat itu,” ujar Aduhot.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!