News

Pertanyaan Diketahui Paslon, TKN Jokowi-Ma’ruf Nilai Untungkan Prabowo-Sandi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Moeldoko mengaku tak sepakat bila pertanyaan debat pemilihan presiden (Pilpres) 2019 diberikan kepada masing-masing calon presiden dan wakil presiden sebelum debat perdana, 17 Januari mendatang.

Moeldoko berpendapat seharusnya kisi-kisi soal debat calon presiden dan wakil presiden itu diberikan kepada moderator sebagai acuan memimpin debat.

“Menurut saya tidak. Tapi itu justru menjadi pegangan bagi seorang moderator agar tidak melebar kemana-mana, diskusi agar tertib, terukur, ada batasnya kanan-kirinya,” ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (7/1/2019).

Moeldoko mengklaim pasangan Jokowi-Ma’ruf sangat siap menghadapi debat perdana, meski tanpa diberikan pertanyaan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Mantan Panglima TNI itu menyebut terdapat perbedaan mendasar antara kedua pasangan calon.

Baca juga :  Fahri Hamzah : Kelakuan Nazaruddin Dan KPK Seperti Teroris

Menurut Moeldoko, salah satu perbedaannya yakni pasangan Jokowo-Ma’ruf telah dan akan melakukan sesuatu, sementara pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno baru akan atau bermimpi melakukan sesuatu.

“Kalau telah melakukan maka ada langkah-langkah yang telah dilakukan, sehingga ada emosi dari pekerjaan yang telah dijalaninya itu. Mau bicara tentang kartu ya gampang banget beliau. Berbicara tentang kemiskinan, berbicara tentang pendidikan, berbicara tentang tetek bengek mudah,” ucapnya.

Moeldoko beranggapan penyerahan pertanyaan debat kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden justru menguntungkan Prabowo-Sandi. Sementara itu, kata Moeldoko, Jokowi sangat siap baik diberikan pertanyaan terlebih dahulu atau tidak.

“Harusnya iya (penyerahan pertanyaan debat di awal untungkan Prabowo-Sandi),” tutur dia.

Baca juga :  Wiranto Belum Mengetahui Rencana Moedoko Ingin Mundur dari Hanura

Sebelumnya, KPU bakal mengirim 20 pertanyaan kepada pasangan calon dan hanya tiga yang akan diajukan saat debat perdana berlangsung. KPU mengirimkan pertanyaan lebih dulu kepada para paslon 10 hari sebelum debat.

Debat perdana yang digelar 17 Januari mendatang mengangkat tema HAM, Terorisme, Hukum, dan Korupsi. KPU bakal menggabungkan pertanyaan terbuka dan tertutup.

Pertanyaan terbuka dibuat oleh KPU, sementara pertanyaan tertutup adalah saat paslon saling melempar pertanyaan. Disebut tertutup lantaran seluruh peserta debat benar-benar tidak mengetahui apapun yang akan ditanyakan lawannya.

cnn

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com