Politik

Pilbup Bandung, Sahrul Gunawan hingga Atep Daftar ke KPU

BANDUNG, EDUNEWS.ID – Sebanyak tiga bakal pasangan calon bupati dan bakal bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung, Jumat (4/9/2020).

Tiga bakal pasangan calon tersebut yaitu, pasangan Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan, Yena Masoem-Atep dan Nia Kurnia-Usman Sayogi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, bakal pasangan Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan menjadi pasangan pertama yang mendaftar ke KPU Kabupaten Bandung, Jalan Sindang Wargi, Soreang. Keduanya datang ke Kantor KPU, sekitar pukul 14.10 WIB.

Pasangan Dadang-Sahrul datang didampingi oleh pimpinan partai politik pengusung. Diketahui, pasangan ini mendapat dukungan terbanyak, yakni Partai Keadilan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Baca juga :  Diperiksa Bawaslu, Akbar Faizal: Kenapa Tidak Memanggil Jokowi

Pasangan Yena dan Atep menjadi pasangan kedua yang daftar di hari pertama ke KPU Kabupaten Bandung. Pasangan ini hadir didampingi sejumlah pemimpin partai koalisi dan keluarga besar Al-Maseom.

Yena-Atep hadir sekitar pukul 15.00 WIB dan baru masuk sekitar pukul 15.25 WIB untuk menyerahkan berkas pendaftaran. Seperti diketahui, pasangan Yena-Atep diusung PDIP dan PAN serta didukung PSI.

Pasangan Nia Kurnia dan Usman Sayogi tiba di Kantor KPU sekitar pukul 15.30 WIB. Sebelumnya, pasangan Nia-Usman diusung oleh dua partai parlemen yakni Partai Golkar dan Partai Gerindra. Selain itu, ada pula partai non parlemen pendukung yakni PPP dan PBB.

KPU Kabupaten Bandung sendiri membuka pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Bandung tahun 2020 selama tiga hari, yaitu mulai 4-6 September.

Baca juga :  August Mellaz : Tingkat Disiplin Fraksi Pendukung Pemerintah Fluktuatif

Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya mengatakan masa waktu pendaftaran pada tanggal 4 dan 5 September 2020 dilaksanakan mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB. Sedangkan, pada 6 September dilaksanakan mulai pukul 08.00 sampai dengan 24.00 WIB.

Advertisement

Diketahui, partai politik (parpol) atau gabungan parpol dapat mengusulkan bakal pasangan calon pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung jika telah memenuhi persyaratan paling sedikit 20% dari jumlah kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung hasil Pemilu Tahun 2019. Hal itu diatur dalam UU Pilkada.

“Atau minimal memiliki 25% dari akumulasi perolehan suara sah hasil Pemilu DPRD Kabupaten Bandung Tahun 2019. Untuk akumulasi suara sah, ketentuan ini hanya berlaku bagi parpol yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten Bandung hasil pemilihan umum Tahun 2019,” jelas Agus dalam keterangan tertulis.

Berdasarkan ketentuan tersebut, lanjut Agus, KPU Kabupaten Bandung telah mengeluarkan Keputusan Nomor 89/PL.02.2-Kpt/3024/Kab/XII/2019 tentang syarat Pengajuan Pasangan Calon dari Parpol atau Gabungan Parpol pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung Tahun 2020.

“Perhitungan syarat pencalonan minimal 20% dari jumlah kursi DPRD Kabupaten Bandung sebanyak 55 kursi, sehingga 20% x 55 kursi adalah minimal 11 kursi DPRD Kabupaten Bandung hasil Pemilu Tahun 2019,” tuturnya.

Sedangkan untuk 25% dari akumulasi perolehan suara sah dalam DPRD Kabupaten Bandung Tahun 2019 sebanyak 1.911.920 suara sah, yaitu 25% x 1.911.920 suara sah adalah minimal 477.980 suara sah.

Pada tahapan pendaftaran ini, parpol atau gabungan parpol hanya dapat mengusulkan satu pasangan calon.

Pendaftaran dihadiri oleh pengurus parpol atau gabungan parpol tingkat kabupaten/kota. Jika tidak bisa, pendaftaran dapat dilakukan oleh parpol atau gabungan parpol tingkat pusat dengan menyertakan keputusan pimpinan parpol tingkat pusat tentang pengambilalihan wewenang parpol tingkat kabupaten/kota.

“Seluruh rangkaian tahap pendaftaran pasangan calon ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” ujar Agus.

cnn

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com