Politik

Pilkada 2018, Pelantikan Gubernur Dilakukan Secara Bertahap

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Presiden Joko Widodo melantik sembilan pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9/2018). Prosesi pelantikan didahului dengan penyerahan petikan Keputusan Presiden di Istana Merdeka.

Setelah itu, mereka melakukan kirab dengan berjalan dari Istana Merdeka menuju Istana Negara. Presiden Jokowi langsung memimpin kirab dengan didampingi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang diikuti oleh kesembilan pasangan gubernur dan wakil gubernur dengan dikawal Paspampres.

Setibanya di Istana Negara, kepala daerah terpilih tersebut langsung dilantik presiden. Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mengatakan pelantikan kepala daerah hasil pilkada serentak tahun 2018 akan dilakukan bertahap.

Baca juga :  12 Dekan dan Direktur Pascasarjana UMS Dilantik

“Sebagaimana ketentuan undangundang, masa jabatan kepala daerah adalah lima tahun, tidak boleh dikurangi satu hari ataupun ditambah satu hari. Maka, hasil pilkada serentak tahun ini yang 17 provinsi kemungkinan akan kami ajukan kepada Presiden melalui Mensesneg bisa empat sampai lima tahapan. Dan, tahap pertama sembilan,” jelas Tjahjo.

Tjahjo menuturkan, pelantikan bagi sembilan kepala daerah karena sudah selesai masa jabatannya dan tidak ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Advertisement

“Kemudian, tahap kedua antara 17-27 September, adalah Sumsel, Kaltim, NTB. Kemudian tahap ketiga, keempat, dan kelima seperti Lampung itu baru Juni tahun depan setelah selesai pilpres. Jatim juga awal tahun depan, karena sepanjang memenuhi semuanya dan diputuskan KPU dan tak ada gugatan ke MK segera dilantik supaya bisa langsung kerja,” ujar Tjahjo.

Kesembilan kepala daerah yang dilantik Presiden Jokowi adalah Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dan Wakil Gubernur Sudirman Sulaiman, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Musa Rajekshah, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi dan Wakil Gubernur Lukman Abunawas, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen.

Selanjutnya, Gubernur Bali I Wayan Koster dan Wakil Gubernur Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji dan Wakil Gubernur Ria Norsan, Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakil Gubernur Josef Nae Soi, Gubernur Papua Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Klemen Tinal, serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com