Nasional

Potensi Ketua DPR, Elit PDIP Bakal Sodorkan Puan Maharani ke Megawati

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Utut Adianto mengatakan akan mengusulkan nama Ketua Koordinator Bidang Politik dan Keamanan PDIP Puan Maharani untuk menjabat Ketua DPR periode 2019-2024 jika ditanya oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Kalau ditanya, saya akan usulkan Puan Maharani (jadi Ketua DPR). Tapi saya belum ditanya (Megawati),” kata Utut saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Menurutnya, periode 2019-2024 merupakan saatnya Puan memimpin DPR, setelah kembali terpilih menjadi anggota dewan lewat Pemilu 2019.

Dia pun menilai, periode mendatang merupakan waktu yang tepat untuk Puan setelah menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) selama lima tahun terakhir.

Baca juga :  Bakal Calon Walikota Makassar Terpilih Staf Khusus Wapres

Namun begitu, Utut menegaskan bahwa semua hal tersebut merupakan pendapatnya pribadi yang akan disampaikan apabila Megawati bertanya atau meminta usulan nama.

“Sekarang beliau terpilih lagi. Inilah saatnya juga beliau memimpin lembaga tinggi negara, kemarin jadi menteri. Ini pendapat ya. Tentu saya sampaikan kalau ditanya,” tutur Utut.

Advertisement

Puan sudah mengakui bahwa dirinya merupakan salah satu calon kuat Ketua DPR periode 2019-2024. Menurut dia kemungkinan itu terbuka setelah dirinya menjadi calon anggota legislatif (caleg) dengan perolehan suara terbanyak di Pileg 2019 lalu, sementara posisi Ketua DPR merupakan jatah PDIP sebagai pemenang pemilu.

“Sesuai dengan proses pemilu yang lalu juga alhamdulillah saya bisa kemudian mendapatkan suara terbanyak nasional. Ya mungkin bisa jadi salah satu calon yang kuat,” ucap Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (25/6/2019).

Namun begitu, ia menyerahkan keputusan soal Ketua DPR ke Megawati. Apalagi Puan mengaku belum mengetahui siapa saja sosok yang berpeluang menjadi Ketua DPR mendatang, selain dirinya. Keputusan soal pimpinan DPR bakal dilakukan September 2019 mendatang.

“Belum tahu juga masih menunggu September [2019],” ujar Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan itu.

cnn

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com