Nasional

Puluhan Anggota KPPS Pilkada Positif Covid-19

Ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Sebanyak 10 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan pengawas tempat pemungutan suara (TPS) dalam Pilkada di Balikpapan dinyatakan positif Covid-19.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan, Rizal Effendi, mengonfirmasi kabar tersebut setelah menerima laporan hasil swab ratusan anggota KPPS dan pengawas TPS.

Rizal memastikan bahwa kesepuluh orang yang positif itu tidak akan bertugas dalam Pilkada pada 9 Desember mendatang.

Ia kemudian menyerahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan untuk mencari pengganti petugas yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Sementara itu, kesepuluh petugas yang positif Covid-19 akan menjalani perawatan di rumah sakit jika memiliki gejala. Jika tidak, mereka dapat karantina mandiri.

“Kami melacak lagi, termasuk bagaimana keadaannya sekarang, apakah mereka bergejala atau tidak. Kalau bergejala, harus masuk rumah sakit. Kalau tanpa gejala, dia harus isolasi,” kata Rizal seperti dikutip Antara, Sabtu (5/12/2020).

Advertisement

Di sisi lain, Rizal juga tak menutup kemungkinan penambahan kasus Covid-19 karena sampai saat ini, masih ada petugas Pilkada yang masih menjalani tes usap.

“Masih 2-3 hari baru diterima semua hasilnya. Bisa jadi bertambah,” jelasnya.

Sebelumnya, juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty, juga mengakui bahwa masih banyak petugas Pilkada yang belum mengikuti tes Covid-19.

“Kemarin kami membuka layanan usap untuk 742 orang ini dan yang datang sudah 390 orang. Yang sudah ada hasilnya sebanyak 248 orang saat pemeriksaan swab hari ini,” ucap Juliarty.

Ia kemudian berkata, “Total yang sudah lakukan uji usap638 orang. Berarti, masih ada 104 orang yang belum datang dalam dua hari ini.”

cnn

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com