Politik

Punya Program ini, Andi Uchu Disebut Layak Pimpin Bulukumba

 

BULUKUMBA, EDUNEWS.ID- Meski pemilihan kepala daerah akan dihelat pada akhir tahun 2020 mendatang, namun sejumlah tokoh dan kandidat sudah ‘tancap gas’ melakukan sosialisasi dan kampanye memperkenalkan dirinya sebagai kandidat kepala daerah.
di Bulukumba misalnya, sejumlah baliho dan spanduk bakal calon bupati sudah tersebar dimana-mana. Belum lagi kegiatan-kegiatan ceremonial dan lomba-lomba yang melibatkan banyak masyarakat dilakukan oleh tim sukses dan kandidat untuk mempromosikan dirinya.

Namun, di tengah riuh metode sosialisasi yang dilakukan oleh kebanyakan kandidat, salah satu tokoh muda darah asli Bulukumba, Muhammad Yusuf yang akrab disapa Andi Uchu justru punya cara berbeda melihat persoalan mendasar yang mesti diberikan kepada masyarakat Bulukumba.

Seperti diketahui, Bulukumba sebagai wilayah yang memiliki panjang garis pantai sekitar 128 Kilometer, memiliki permasalahan krisis air bersih yang kerap dialami masyarakat pesisir.

Baca juga :  Jokowi Disarankan Gandeng Puan Sebagai Cawapres

Untuk pemenuhan kebutuhan dasar ini, masyarakat pesisir terpaksa harus membeli air setiap hari untuk kebutuhan keluarga. Hal ini pun dinilai menjadi beban berat masyarakat pesisir.

Pria kelahiran 3 Juli 1976 di Tanete ini mengungkapkan, jika pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat pesisir sebagai salah satu program utama saat kelak diberi amanah untuk memimpin Bulukumba.

Andi Uchu membeberkan, sebagai langkah kongkrit, dirinya telah mengajak rekan-rekannya dari Murdoch University Australia untuk melakukan studi kelayakan dan sekaligus pengujian mesin desalinasi, pengubah air laut menjadi air tawar di dua titik lokasi yg berbeda di Bulukumba.

“Selain untuk masyarakat pesisir, konsep tersebut bisa menjadi alternatif sumber air bersih yang sangat baik bagi hotel dan bisnis lainnya di sekitar pantai,” lanjut Andi Uchu.

Baca juga :  LIMA Pertanyakan Sikap PAN, PKS, dan Gerindra

Andi Uchu yang bernama lengkap Muh Yusuf Ali Mengajak rekannya dari Tim Murdoch University Australia menguji air laut pantai pesisir Dusun Kasuso Desa Darubia, kecamatan Bonto Bahari, Bulukumba menjadi air layak konsumsi.

Menurutnya, Masalah air menjadi isu paling penting di Kabupaten Bulukumba, bukan hanya untuk kebutuhan lahan pertanian, namun termasuk dan terutama kebutuhan air minum.

“Misalnya di Daerah pesisir pantai Dusun Kasuso Desa Darubia, Bonto Bahari Bulukumba, yang paling rentan dengan kondisi krisis air minum,” ungkapnya kamis (19/12).

Kegiatan tersebut pun mendapat apresiasi dari sejumlah warga Bulukumba, khususnya pemuda dan mahasiswa yang menganggap apa yang dilakukan oleh Andi Uchu adalah program yang sangat visioner untuk masyarakat Bulukumba khususnya masyarakat pesisir.

“Setidaknya kandidat ini patut di apresiasi dan dipertimbangkan oleh masyarakat bulukumba, ketimbang para kandidat lain yang rekam jejaknya hanya membuka pertandingan olahraga, balap motor di sawah yang akhir-akhir ini menjadi trend sebagai sarana kampanye,” kata Muhammad Ridwan, salah satu pemuda Bulukumba yang kini menempuh penyelesaian studi Magister Ekonomi Pembangunan Unhas Makassar.

Baca juga :  Kalla Isyaratkan Airlangga tak Perlu Mundur dari Menteri

Presiden Semesta Syndicate ini menuturkan, meski kegiatan hiburan sebagai sarana kampanye bagi kandidat bakal calon Bupati Bulukumba bukanlah hal yang salah, namun sebaiknya para kandidat memikirkan konsep dan strategi yang kongkrit, yang akan dilakukan nantinya jika terpilih sebagai pemimpin di Bulukumba.

“Karena kegiatan-kegiatan demikian hanyalah hiburan sesaat dan tidak akan memberi pengaruh besar terhadap kemajuan daerah. Kita butuh pemimpin yang visioner seperti yang dilakukan oleh Andi Uchu,” pungkas aktifis HMI Cabang Gowa Raya ini.

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!