Politik

Putra Presiden Jokowi Idolakan Cara Fahri Hamzah Sampaikan Kritik

Fahri Hamzah.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, mengaku nge-fans atau mengidolakan mantan Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, karena sikap yang kritis. Fahri menyebut pandangan Kaesang kepadanya bukan hal baru.

“Dari awal, memang pernyataan Kaesang dan Gibran (Wali Kota Solo) nggak berubah,” kata Fahri, saat dihubungi, Minggu (28/3/2021).

Menurut Fahri, sikap kritis terhadap pemerintah tak lepas dari tugasnya sebagai anggota legislatif. Politikus Partai Gelora itu menyebut legislatif harus bisa mengontrol kekuasaan eksekutif.

“Kita harus mendesak partai politik yang sudah ada untuk memperbaiki cara kerja mereka di legislatif dan eksekutif. Intinya, mereka harus menjadi dapur pemikiran, bukan alat kekuasaan. Karena kalau parpol kehilangan ide mengelola republik ini, nanti sisanya transaksi kekuasaan yang kasar,” kata Fahri.

Namun saat ini, bagi Fahri, dirinya sudah berada di luar legislatif. Sikapnya pun bisa lebih luwes, berbeda dengan saat dia menjadi Wakil Ketua DPR dulu.

“Tugas mengawasi jalannya pemerintahan, pertama-tama kita titipkan kepada 575 anggota DPR dan 136 anggota DPD RI. Sebagai rakyat biasa kita memilih jalan rakyat. Ada masanya bertarung nanti 2024, tapi sekarang saya tidak bertugas. Apa hak saya bertingkah seperti anggota DPR?” katanya.

Seperti diketahui, dalam pertemuan antara Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Ketua Umum Partai Gelora itu, tiba-tiba muncul Kaesang Pangarep. Tak diketahui kapan datang, adik bungsu Gibran itu terlihat saat Fahri hendak meninggalkan rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung.

Setelah wartawan mewawancarai Fahri, Gibran kemudian memanggil Kaesang yang berada di belakang mereka.

“Ini fans Pak Fahri. Baru beli klub sepak bola dia,” tutur Gibran sambil memanggil Kaesang, Sabtu (27/3/2021).

Berdiri di antara Gibran dan Fahri, Kaesang membuat pengakuan bahwa dia memang mengidolakan Fahri. Dia justru menyukai cara mantan politisi PKS itu dalam menyampaikan kritikan.

“Saya suka cara-caranya beliau. Selalu kritis,” ungkap Kaesang.

Bahkan Kaesang mengaku tidak mempermasalahkan ketika Fahri sering mengkritik keras ayahnya, Presiden Joko Widodo. Menurutnya, kritik adalah hal yang wajar.

Baik Gibran maupun Kaesang mengaku tidak pernah jengkel kepada Fahri.

“Lo.. kritis itu kan dibutuhkan. Jadi ya wajar. Saya lihat Pak Fahri bagus selama ini. Nggak pernah (jengkel) sama sekali,” ujar dia.

“Justru nge-fans. Nggak ada yang jengkel,” tutur Gibran menimpali.

“Kalau jengkel saya nggak mungkin di sini,” ujar Kaesang disambut tawa Fahri Hamzah.

dtk

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com