Nasional

Survei Capres 2024: Prabowo, Disusul Anies Baswedan, Sandiaga Uno

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kembali mendapat elektabilitas tertinggi sebagai calon presiden di Pilpres 2024 menurut hasil survei. Kali ini, survei dilakukan oleh Akurat Poll.

Sebelumnya, 5 lembaga survei juga telah menyatakan bahwa Prabowo sebagai sosok dengan elektabilitas tertinggi jika berkompetisi di Pilpres 2024.

Dalam hasil survei Akurat Poll kali ini, elektabilitas Prabowo sebesar 12,7 persen. Dia mengungguli Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas 5,2 persen dan Sandiaga Uno 3,9 persen.

“Pada tingkat elektabilitas terdapat 3 nama besar yang berurutan yakni Prabowo, disusul Anies Baswedan, Sandiaga Uno,” ucap Direktur Akurat Poll Adlan Nawawi dalam rilis survei yang disampaikan via internet atau dalam jaringan, Selasa (4/8/2020).

Baca juga :  Korlantas Polri Turun Tangan Atasi Kemacetan di Lenteng Agung

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada diposisi empat dengan elektabilitas sebesar 3 persen. Lalu di posisi selanjutnya masing-masing ditempati Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan elektabilitas sebesar 2 persen.

Adlan mengatakan Prabowo Subianto akan mendapatkan sumbangan suara terbesar dari Pulau Jawa sebesar 12,9 persen dari hasil simulasi. Lalu diikuti oleh Ganjar Pranowo sebesar 11 persen, Anies (10.3 persen), AHY (6.4 persen), lalu Sandiaga Uno (5.6 persen).

Dari sisi popularitas, Adlan menyatakan Prabowo masih berada pada urutan pertama dengan 93,9 persen. Sementara Anies di urutan kedua dengan 85.4 persen. Lalu diikuti Sandiaga Uno (82,5 persen), Basuki Tjahaja Purnama (82.4 persen), dan Agus Harimurti Yudhoyono (72,9 persen).

Baca juga :  Dana PKH Tahap 1 Cair Februari 2018

Adlan menilai analisa masyarakat memilih para kandidat tersebut cukup beragam. Ia menyatakan masyarakat memilih Prabowo karena terkenal dengan karakter tegas. Sementara Anies dan Sandiaga terkenal dengan personalitasnya.

“Ganjar dan Ridwan Kamil dengan kinerjanya, sementara yang lainnya, juga dengan kinerjanya,” ujar dia.

Survei Akurat Poll dilakukan pada 15-24 Juli 2020 dengan jumlah responden 1.210 orang.

Advertisement

Survei dilakukan lewat wawancara langsung terhadap responden survei yang dipilih secara acak. Metode survei menggunakan multistage random sampling. Tingkat kesalahan (margin of error) mencapai 2,8 persen.

Akurat Poll sebagai lembaga survei diketahui belum terdaftar pada Perhimpunan Survei Opini Publik (Persepi).

Survei Sebelumnya

Nama Prabowo Subianto bukan baru kali ini mencuat sebagai sosok dengan elektabilitas tertinggi sebagai calon presiden di 2024. Sudah ada 5 lembaga survei yang menyatakan demikian.

Pada Februari lalu, Indo Barometer menyatakan Prabowo adalah calon presiden terkuat. Elektabilitasnya mencapai 22,5 persen jika responden diberi pilihan 22 tokoh.

Nama Prabowo juga muncul sebagai tokoh dengan elektabilitas tertinggi jika dibandingkan dengan anggota Kabinet Indonesia Maju mau pun kepala daerah yang hingga saat ini masih menjabat. Hanya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menempel ketat.

Pada Maret, giliran hasil survei Cyrus Network yang menyatakan bahwa Prabowo adalah sosok capres dengan elektabilitas tertinggi yakni 18,7 persen. Ada pula nama Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno, namun elektabilitas mereka jauh di bawah Prabowo.

Hasil tak jauh berbeda terlihat dalam survei yang dilakukan New Indonesia Research & Consulting pada Juni lalu. Prabowo memiliki elektabilitas sebesar 18,9 persen mengungguli Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 14,3 persen dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil 11 persen.

Pada Juli, giliran Charta Politica yang melakukan survei. Hasilnya, Prabowo memiliki elektabilitas sebesar 17,5 persen. Tertinggi di antara tokoh lainnya.

Ganjar Pranowo menguntit di urutan kedua dengan elektabilitas 15,9 persen. Anies Baswedan di peringkat ketiga dengan 15 persen. Disusul Sandiaga Uno 11,2 persen, Ridwan Kamil 10,1 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono 3 persen.

Hasil survei Indikator Politik pun memperoleh hasil serupa. Survei dilakukan pada Juli lalu menyatakan Prabowo memiliki elektabilitas sebesar 16,2 persen.

cnn

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com