Politik

Tambah Daerah Pemilihan, Partai Usulkan Dapil Nasional di DPR

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Partai Demokrat mengusulkan adanya daerah pemilihan (dapil) nasional di parlemen. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani usai melakukan pertemuan dengan DPP partai berlambang bintang mercy itu, Rabu (12/8/2020).

“Perlu ada dapil nasional yang ini di mana pekerja-pekerja keras partai itu tidak harus bertarung di dapil-dapil tradisional itu, tapi bisa dapat (kursi),” kata Arsul di kantor DPP PPP, Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Arsul menjelaskan, dapil nasional dimaksudkan untuk menjembatani sistem proporsional terbuka dan tertutup. Sebab, dapil nasional memadukan sistem proporsional terbuka, yakni pemilih turut menentukan calon yang terpilih, dan sistem proporsional tertutup, yakni partai yang menentukan anggota terpilih.

Dalam dapil nasional, partai yang lolos ambang batas parlemen berhak menentukan anggota yang mengisi 10 persen kursi dari total kursi diperoleh partai. Arsul mencontohkan, jika PPP dalam pemilihan legislatif (Pileg) mendapatkan 40 kursi di DPR maka 10 persen dari 40 kursi, yakni 4 kursi, akan diisi oleh kader yang dipilih partai, tanpa ikut kontestasi Pileg.

“Kira-kira nanti ada 10 persen kursi di DPR yang nanti dialokasikan ke dapil nasional, di mana partai punya kewenangan penuh untuk menentukan siapa yang akan mengisi di situ,” tutur Arsul.

Saat ini, Indonesia memberlakukan sistem proporsional terbuka, yakni calon legislatif partai akan bertarung di dapil tertentu untuk menjadi anggota DPR. Kemudian, pemilih berhak ikut menentukan calon yang lolos ke parlemen.

Kekurangan dari sistem proporsional terbuka, yakni mereduksi peran partai, serta menimbulkan kontestasi antarkader di internal partai. Kendati demikian, sistem ini tetap dianggap lebih baik dibandingkan sistem proporsional tertutup yang mempersempit kanal partisipasi publik dalam Pemilu.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono tak mengatakan usulan tersebut usai bertemu dengan pengurus DPP PPP. Namun, ia menyinggung perihal pelaksanaan demokrasi seharusnya tidak dipaksakan.

Baca Juga :   Di hadapan MK, Anies Sebut Pilpres Tidak Adil dan Jujur

“Kita ingin demokrasi kita tetap tumbuh, tidak dipaksakan, apalagi dipaksakan secara tidak alami, secara tidak natural,” ucap AHY.

Demokrasi, kata AHY, seharusnya dapat menampung aspirasi seluruh elemen masyarakat Indonesia. Sebab, negara ini terdiri dari berbagai macam suku, bahasa, agama, dan budaya.

“Kita harus menjaga semangat reformasi dan demokratisasi di Indonesia yaitu sangat tergantung pada bagaimana kita mempersiapkan UU Pemilu ke depan,” ucap AHY.

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com