News

Praja IPDN Dikirim ke Lokasi Gempa NTB

 

 

MATARAM, EDUNEWS.ID – Gempa mengguncang sebagian wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Kabupaten Lombok Timur menjadi salah satu kabupaten yang paling terdampak bencana gempa. Untuk mengurangi beban korban, Kementerian Dalam Negeri telah mengirimkan bantuan.

Tidak hanya bantuan berupa makanan, pakaian dan obat-obatan, ikut dikerahkan para praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) kampus NTB ke lokasi bencana. Demikian disampaikan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Jakarta, Senin (30/7/2018).

Dalam kesempatan itu juga, Menteri Tjahjo mengucapkan belasungkawa sedalamdalamnya pada korban gempa. Menurutnya, pemerintah akan bekerja semaksimal mungkin membantu korban bencana. Termasuk kementeriannya.

“Saya sesaat setelah guncangan gempa di NTB, langsung memerintahkan Pak Sekjen (Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo) dan Rektor IPDN (Ermaya Suradinata) agar mengerahkan para praja kampus IPDN NTB turun ke daerah terdampak gempa. Mereka dikirimkan untuk membantu korban bencana dan ikut membantu penanganan pasca bencana,” katanya.

Baca juga :  Praja IPDN yang Berkelahi langsung Dipecat tanpa Ampun!

Saat ini, lanjut Tjahjo, para praja sudah ada dilokasi bencana. Ditambahkannya bahwa bantuan tak sekedar mengerahkan para praja untuk turun tangan membantu penanganan pasca bencana. Pihaknya juga kementerian telah mengirimkan bantuan yang dibutuhkan korban, seperti makanan, pakaian dan obat-obatan.

Termasuk juga tenaga medis. “Ya perintahkan kirim bantuan Kemendagri, berupa obatobatan, makanan dan pakaian. Juga ikut dikirim tenaga medis bersama dengan para praja IPDN kampus NTB,” ujarnya.

Advertisement

Di waktu yang sama, Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Bahtiar menambahkan, bantuan makanan yang dikirimkan untuk meringankan para korban, berupa mie instan, air mineral, selimut, biskuit, susu dan pampers untuk bayi serra pembalut untuk wanita.

Menurut laporan terakhir yang diterima, bantuan telah tiba di lokasi bencana pada Senin pagi, sekitar pukul 04.30 waktu setempat. “Senin subuh bantuan tiba di Desa Obeel Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur,” kata Bahtiar Bahtiar melanjutkan, pihak IPDN Kampus NTB juga ikut menyumbang bantuan lainnya berupa terpal yang akan digunakan untuk tenda darurat.

Bantuan lainnya berupa pelayanan kesehatan dan pembersihan puing bangunan terdampak gempa yang dilakukan secara gotong royong oleh para praja sekolah pamong.

“Bantuan telah diserahkan ke posko setempat. Saat ini rombongan IPDN terdiri dari praja, civitas akademika dan tim medis. Dipimpin oleh Direktur IPDN Kampus NTB, Sri Artati,” ujar mantan Direktur Politik Dalam Negeri Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri tersebut.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com