Internasional

Pria AS Temukan Gigi Hiu Bersarang di Kakinya Selama 24 Tahun

EDUNEWS.ID – Jeff Weakley, seorang pria asal Florida, Amerika Serikat, terkejut dengan temuan potongan gigi hiu di kakinya, dua dekade setelah ia diserang binatang buas itu.

Temuan ini bermula ketika Weakley tak sengaja menekan sebuah tonjolan menyerupai lepuh di kakinya. Ia terperangah kala satu potongan gigi keluar dari tonjolan tersebut.

Weakley awalnya berniat menjadikan gigi itu sebagai liontin kalung. Namun, ia memutuskan untuk menyerahkan gigi itu kepada para peneliti untuk diidentifikasi.

“Saya sangat bersemangat untuk mengetahui identitas hiu tersebut karena saya selalu merasa penasaran,” papar Weakley.

“Saya juga sedikit ragu untuk mengirimkan gigi itu karena untuk sesaat saya berpikir mereka (peneliti) akan datang dan bilang kepada saya bahwa saya telah digigit seekor ikan kembung atau ikan jenis houndfish, sesuatu yang sangat memalukan,” tuturnya.

Baca juga :  Driver Transportasi Online Desak Hapus Zona Merah

Laboratorium Program Florida untuk Penelitian Ikan Hiu awalnya ragu melakukan penelitian untuk menyelidiki jenis hiu yang menyerang Weakly ini. Namun, akhirnya mereka bersedia karena penasaran.

“Ini agak aneh untuk menguji gigi tersebut, tapi juga menarik untuk dilakukan. Ini merupakan suatu misteri bagi kami untuk dipecahkan,” jelas Lei Yang, salah satu manajer di laboratorium tersebut.

Lei mengaku memahami rasa penasaran dalam diri Weakly. Jika peristiwa itu menimpa Lei, ia mengaku akan melakukan hal yang sama.

“Jika saya digigit hiu, saya ingin tahu jenis apa (hiu) itu,” ucap Yang.

Tak lama setelah menerima potongan bagian tubuh tersebut, Yang mulai membersihkan gigi itu dari kontaminasi. Ia menghilangkan lapisan enamel gigi, serta mengambil sampel jaringan dalam gigi.

Baca juga :  di Banten, Jokowi-Ma'ruf Amin Target Menang 70 Persen

Ia berhasil mengekstrak DNA dari jaringan gigi itu. Dari hasil penelitian yang dilansir pada pekan lalu itu, teridentifikasi bahwa gigi tersebut milik hiu sirip hitam (Carcharhinus limbatus). Spesies ini memang dikenal kerap kali menyerang manusia.

Weakley sendiri diserang hiu ketika sedang berselancar di Pantai Flagler di Florida, AS, pada 1994 silam. Meski diserang, Weakly mengaku sama sekali tak membenci hiu.

Hingga kini, Weakley pun masih gemar berselancar dan tetap melanjutkan hobinya tersebut.

“Saya tentunya tidak memiliki kebencian terhadap hiu atau dendam terhadap mereka. Mereka (hiu) adalah bagian dari alam kita,” ujar Weakley.

cnn

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!