News

Puncak Perayaan Bulan K3 Nasional Tingkat Sulsel 2021, Panitia Gelar Seminar Nasional

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Seperti tahun – tahun sebelumnya, perayaan Bulan K3 Nasional Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun ini tetap dilaksanakan dengan meriah. Walaupun demikian, ada perbedaan pelaksanaan yang sangat signifikan pada tahun ini dibanding tahun sebelumnya. Hal ini berkaitan dengan pandemi Covid-19 yang sedang melanda negeri kita sehingga kegiatan yang dilaksanakan secara luring harus dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat dan dengan pembatasan jumlah peserta.

Banyak kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian Bulan K3 tahun ini diantaranya adalah lomba desain Baliho K3, Lomba karya tulis Bidang K3, lomba yel-yel K3, dan lomba cerdas cermat K3. Sebagai puncak acara adalah kegiatan Seminar Nasional K3 dengan tema umum “Penguatan SDM yang unggul dan Berbudaya K3 pada semua sektor” yang dilaksanakan hari ini, Selasa 16 Februari 2021.

Pada level provinsi Sulawesi Selatan, bahasan seminar difokuskan pada peran K3 dalam meningkatkan daya saing industri di Sulawesi Selatan. Seminar ini kemudian menjadi sangat penting karena yang menjadi pembicara kunci atau keynote speaker adalah Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Ir. H. M Nurdin Abdullah, M.Agr. dengan topik pembicaraan “Revitalisasi K3 sebagai faktor pendorong peningkatan daya saing Sulsel.

Baca juga :  Besok, Polda Metro Periksa Rocky Gerung Terkait Pernyataan 'Kitab Suci adalah Fiksi'

Selain itu, seminar ini juga diisi oleh beberapa pembicara yang sangat berkompeten dibidangnya masing masing untuk membahas fokus tema kali ini. Ada Dra. Haiyani Rumondang, MA dari Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan K3 yang membahas tentang Kebijakan Nasional dalam mewujudkan SDM yang unggul dan berbudaya K3 dan ada Kadisnakertrans Prov SulSel, Ir. Andi Darmawan B, M.Dev.Plg yang membahas tentang konsepsi K3 SulSel dalam mendukung peningkatan daya saing dan pencegahan penyebarluasan covid-19.

Dari sisi perguruan tinggi, pemateri kali ini diwakili oleh Dekan Fakultas Teknik Unhas, Prof. Dr. Ir. Muhammad Arsyah Thaha, MT yang melihat dari sisi Urgensi integrasi standar K3 dalam upaya penyiapan lulusan memasuki dunia kerja sedangkan pandangan dari pihak perusahaan yang diwakili oleh SHE Corporate PT Trakindo Utama, Muhammad Siri melihat komitmen dunia usaha dalam mendukung peningkatan daya saing.

Baca juga :  PMII Kota Medan Desak Wali Kota Hentikan Pembangunan Podomoror Deli City

Akibat pandemi yang sedang melanda negeri kita, seminar nasional K3 kali ini dilaksanakan dengan dua metode seminar yaitu secara Daring dan Luring. Pada pelaksanaan dengan metode Luring di Hotel Four Point Makassar, jumlah kehadiran peserta dibatasi dan itupun dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat. Selebihnya peserta seminar diarahkan untuk mengikuti kegiatan ini secara Daring. Namun demikian, ini sama sekali tidak mengurangi kemeriahan kegiatan seminar ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan ini walaupun secara Daring.

Ketua panitia seminar, Dr. Aminah AS, M.Kes mengucapkan terima kasih atas banyaknya dukungan dan kerjasama kompak yang diberikan oleh beberapa perusahaan di Sulawesi Selatan atas terselenggaranya kegiatan Seminar Nasional Bulan K3 tahun ini terkhusus kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Selatan, Balai Besar Pengembangan K3 Makassar, Unit Pengkajian dan Pengembangan K3 Fakultas Teknik Unhas, PT Trakindo Utama, Tene an FKS Company, dan Kalla Group.

Baca juga :  Didemo, DPR Janji Perjuangan Nasib Tenaga Perawat

Salah seorang panitia seminar yang juga bertindak sebagai moderator dalam seminar kali ini, Dr. Eng. Ir. Irwan Ridwan ST, MT menambahkan bahwa selain seminar nasional, pada acara puncak Bulan K3 tahun ini juga diumumkan para pemenang dari beberapa lomba yang telah diadakan sebelumnya yang kemudian dirangkaikan dengan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba.

 

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com