Nasional

Raih Prestasi di Ajang Internasional, Mendikbud Apresiasi Film ‘Prenjak’

Jakarta, EduNews.id-Indonesia memperoleh kado spesial tepat di Hari Kebangkitan Nasional ini. Bagaimana tidak, karya anak bangsa berupa film pendek berjudul ‘Prenjak, In The Year of Monkey’ berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Prenjak, In The Year of Monkey dikirimkan oleh Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbang Film) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk mewakili Indonesia dalam ajang Cannes Film Festival 2016 di Prancis. Film ini kemudian mendapatkan penghargaan terbaik The Leica Cine Discovery Prize Cinema de pa critic cannes 2016 yang merupakan kategori tertinggi dari cinema de la critic atau Critic’s Week Cannes untuk film pendek.

“Penghargaan terbaik untuk film pendek ‘Prenjak’ dari Festival Film Cannes di Prancis ini sangat membanggakan. Selain karena pertama kalinya, momentum ini juga bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei,” ujar Mendikbud Anies Baswedan dilansir dari keterangan tertulis yang diterima Okezone

Advertisement
, Jumat (20/5/2016).

Pada ajang tersebut, Pusbang Film Kemdikbud mengirimkan 14 delegasi ke Prancis, yang terdiri atas unsur insan perfilman, wartawan dan tim Kemdikbud. Selain meraih prestasi, film Prenjak juga mampu menarik perhatian sekira 300 penonton dalam penayangan perdana pada 15 dan 16 Mei di Theatre Miramar, Cannes, Prancis. Di sana, film pendek yang bercerita tentang usaha keras seorang perempuan Jogja di tahun 80-an untuk membebaskan diri dari belenggu keterbatasan ekonomi itu diputar selama tiga kali.

“Semoga ini benar-benar menjadi spirit kebangkitan film dan kreativitas Bangsa Indonesia,” tambah Anies.

[Okezone]

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com