Nasional

Raker Dengan Komisi III DPR, KPK Sampaikan Permohonan Maaf Kepada HMI

JAKARTA, EDUNEWS.id – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi meminta maaf kepada keluarga besar Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) atas pernyataan salah satu pimpinannya Saut Situmorang. Permintaan maaf itu disampaikan oleh Ketua KPK Agus Rahardjo di hadapan Komisi III Dewan perwakilan Rakyat.

“Dalam kesempatan ini sebagai pimpinan dan secara pribadi dan kelembagaan saya memohon maaf kepada HMI dam KAHMI sesuatu (pernyataan) yang tidak dimaksudkan seperti itu,” kata Agus saat Raker dengan Komisi III DPR di gedung parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Tak hanya minta maaf, KPK kata Agus juga akan membentuk komite etik untuk Saut atas pernyataanya yang dinilai menyinggung keluarga besar KAHMI dan HMI. KPK juga akan menemui beberapa tokoh KAHMI agar masalah ini bisa dimaafkan.

Baca juga :  KPK Mesti Buka Data Kasus BLBI

“Janji kami untuk membentuk komite etik tidak kami abaikan. Setelah hari itu kami memerintahkan untuk melakukan kajian apakah komite etik harus dibentuk, dua hari lalu kami sudah memutuskan untuk membentuk komite etik itu,” kata Agus.

Menurut Agus semua pimpinan KPK sudah menandantangani persetujuan pembentukan komite etik untuk Saut. Komite Etik akan dibentuk paling lambat pekan depan dengan melibatkan ahli independen selain wakil dari KPK.

“Kami menerima rekomendasi dari deputi kami sudah hari yang lalu pimpinan sudah tandatangan semua, komite akan segera dibentuk paling lambat Minggu depan kan ada orang luarnya juga Jadi kami gak bisa dikte. Nanti kami akan memilih ahli ahli yang independen selain wakil dari KPK,” kata Agus

Baca juga :  Pimpinan DPR Serahkan Calon Kepala Daerah Bermasalah ke KPK

“Semoga teman-teman HMI dan KAHMI memahami masalah itu,” tambah Agus.

Komite Etik ini dibentuk atas buntut ucapan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dalam wawancara di sebuah stasiun televisi. Pernyataan Saut di stasiun televisi itu sempat menyinggung Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Saut sudah melakukan permintaan maaf lewat media atas ucapannya tanggal 5 Mei lalu dan berencana bertemu pihak HMI.

[OZ]

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!