Kampus

Resmi Dilantik, Mantan Ketum HMI Kolaka Utara Didaulat jadi Ketua Komisi ESDM PB HMI 2020-2022

A Rizal Faladeni, Ketua Komisi Energi dan Sumber Daya Mineral

JAKARTA, EDUNEWS.ID- Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam – Majelis Penyelamat Organisasi (PB HMI MPO) periode 2020-2022 menggelar pelantikan di Pandopo Bupati Tangerang, Jumat (26/6/2020). Pelantikan tersebut juga dilakukan secara virtual untuk pengurus yang tidak bisa hadir di lokasi mengingat adanya pembatasan peserta di tengah wabah covid-19.

Pelantikan tersebut, disaksikan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah, dan Koordinator Majelis Nasional KAHMI, Sigit Pamungkas lewat virtual.

Salah satu Ketua Komisi yang diberikan amanah pada kepengurusan PB HMI 2020-2022 adalah perwakilan HMI Cabang Kolaka Utara, A Rizal Faladeni yang didaulat menduduki posisi sebagai Ketua Komisi Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Rizal, sapaan akrab A Rizal Faladeni adalah mantan Ketua HMI MPO Cabang Kolaka Utara periode 2017 sampai 2019.

Baca juga :  Zuhad Aji Lantik Langsung Pengurus HMI Cabang Palopo

Dirinya mengakui, amanah yang dibebankan kepada dirinya tentu bukanlah hal yang ringan dan mudah, namun dirinya berjanji akan melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai komisi yang menangani persoalan ESDM secara nasional.

“Tentu amanah ini berat, namun ini juga menjadi bukti bahwa HMI Cabang Kolaka Utara periode ini benar-benar menitipkan kadernya untuk berkiprah dan berkontribusi secara nasional di kepengurusan PB HMI,” kata Rizal saat dihubungi edunews.id, Sabtu (27/6//2020).

Ia menuturkan, ke depan, PB HMI akan fokus mengawal agenda-agenda keumatan yang berkaitan dengan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui komisinya.

“Termasuk pengelolaan sumber daya mineral kita yang saat ini tentu belum maksimal dan cenderung merugikan kepentingan nasional,” kata Rizal.

Baca juga :  Hariman Siregar Nilai Polisi Enggak Perlu Bubarkan Demo dengan Kekerasan

Dirinya menyebutkan, mendorong pengelolaan mineral yang berwawasan lingkungan yang berpihak dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat adalah visi yang ia gagas.
“Tentu dalam hal , salah satu contohnya adalah manajemen pengelolaan pertambangan misalnya, kita ingin pemerintah fokus pada pemberdayaan tenaga kerja lokal, bukan mengutamakan tenaga kerja asing, apalagi yang berasal dari cina yang selama ini ditolak di berbagai daerah di Indonesia,” kata Rizal.

Ketua MPR, Bambang Soestyo yang turut menyampaikan sambutan mendorong kader HMI dapat mengambil peran sebagai generator dan dinamisator pembangunan.

Menurutnya, HMI harus senantiasa menyiapkan kader tangguh yang bisa menjadi nahkoda maupun awak kapal yang bisa saling bekerjasama, membawa bahtera selamat dari berbagai badai yang menghantam.

Baca juga :  Duta Besar Amerika Serikat Lepas Pertukaran Pelajar Indonesia-AS

“Bahtera hanya akan mampu bertahan apabila seluruh awak turut serta bahu membahu bekerja sama menyelamatkan bahtera. Apalagi, penumpang bahtera adalah pemuda yang berlabel mahasiswa. Ke depan, akan banyak dinamika, tantangan, dan liku-liku perjuangan dalam menjalankan organisasi, kalian harus menyiapkan diri sejak sekarang,” pungkas Bamsoet.

Dalam pelantikan yang berlangsung cukup khidmat Jumat kemarin, komposisi Pengurus Besar HMI periode 2020-2022 tersebut berdasarkan SK yang dibacakan langsung oleh Formatur/Ketua Umum PB HMI 2020-2022 Affandi Ismail beranggotakan 21 Ketua Komisi Kebijakan, belasan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) dan beberapa wakil bendahara.

Posisi Sekretaris Jenderal (Sekjen) diduduki oleh Zunnur Roin dari HMI Cabang Pekanbaru dan Bendahara Umum diduduki oleh Faridal Arqam dari HMI Cabang Tangerang Raya.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com