Internasional

Ribuan Rakyat Turun ke Jalan, Tuntut Presiden Mundur!

Ribuan Rakyat Brasil Turun ke Jalan, Tuntut Presiden Mundur!

INTERNASIONAL, EDUNEWS.ID- Aksi demo besar-besaran berlangsung di sejumlah kota terbesar Brasil untuk menuntut pengunduran diri Presiden Jair Bolsonaro yang mereka salahkan atas lebih dari setengah juta kematian akibat Covid-19.
Puluhan ribu demonstran turun ke jalan-jalan di Rio de Janeiro kemarin ketika seruan untuk pemakzulan Jair Bolsonaro meningkat. Mereka menuduh anggota pemerintahannya berusaha mengambil untung secara ilegal dari pembelian vaksin Covid-19.
“Orang-orang telah terbangun,” kata Benedita da Silva, seorang anggota Kongres berusia 79 tahun dan veteran sayap kiri Brasil saat dia bergabung dalam aksi demo tersebut.
“Saya di sini karena kita benar-benar harus mengeluarkan monster ini dari kekuasaan dan merebut kembali Brasil,” kata Magda Souza, seorang tokoh oposisi saat dia turun ke pusat kota Rio bersama suaminya, José Baptisa. “Kami dikelilingi oleh barbarisme,” tambah Souza saat helikopter polisi mengitari kerumunan itu seperti dikutip TheGuardian.com, Minggu (4/7/2021).

Pada Jumat lalu, seorang hakim Mahkamah Agung memerintahkan penyelidikan apakah Bolsonaro gagal bertindak setelah diberitahu tentang kecurigaan korupsi tingkat tinggi yang melibatkan pengadaan jutaan vaksin Covid-19 dari perusahaan farmasi India Bharat Biotech. Menurut hitungan resmi, lebih dari 522.000 orang Brasil telah kehilangan nyawa karena virus Corona atau nomor dua setelah AS. Hingga kini Brasil masih dalam kesulitan untuk mengendalikan wabah tersebut.

Para pelaku aksi bertekad untuk menjatuhkan pemerintah ‘genosida’ Bolsonaro. Videopatricia Ribeiro, seorang pendemo berusia 47 tahun, mengatakan dia belum pernah menghadiri protes jalanan sebelum ini, tetapi datang untuk memberi penghormatan kepada saudara lelakinya, Pedro Ribeiro, yang meninggal pada Maret setelah tertular Covid-19 dan menghabiskan delapan hari dengan ventilator.
“Saya menyalahkan pemerintah atas kematian saudara laki-laki saya. Mereka berperilaku seolah-olah hidup kita tidak berharga, seolah-olah hidup manusia tidak berharga. Dia [kakanya] punya banyak mimpi,” kata Ribeiro.

Baca Juga :   Usut Dana Hibah, Kejari Makassar Periksa 4 Petinggi KONI Makassar

Daniel Melo, seorang siswa berusia 18 tahun, datang untuk mengingat neneknya yang berusia 86 tahun, Conceição, yang juga meninggal karena Covid. “Dia pergi ke rumah sakit dan tidak pernah pulang,” kata Melo.
Dia menyalahkan presiden “genosida” Brasil karena gagal memperingatkan warga tentang bahaya virus corona. Bolsonaro sering menganggap remeh Covid-19 dengan menyebutnya sebagai “flu kecil”.

Banyak pengunjuk rasa mengibarkan bendera kuning dan hijau Brasil – simbol yang digunakan oleh gerakan sayap kanan Jair Bolsonaro – dalam upaya untuk merebut kembali bendera dari para pengikutnya. “Itu bukan bendera mereka, itu bendera Brasil dan kami adalah orang Brasil. Brasil milik kita semua. Kita adalah anak bangsa ini. kami adalah patriot, seperti yang mereka klaim,” kata André da Silva, seorang aktivis kiri dari kelompok sosial bernama Movimento Favela Ação yang termasuk di antara mereka.

sumber : kabar24

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com