News

Sebanyak 58 persen Masyarakat Indonesia Terancam Kehilangan Pekerjaan

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Politisi PDIP Budiman Sudjatmiko menyatakan 58 persen masyarakat Indonesia terancam kehilangan pekerjaan. Hal itu bukan terjadi karena keserakahan segelintir orang melainkan kemajuan sistem teknologi informasi yang akan merubah tenaga manusia ke tenaga robot.

Menurutnya profesi seperti akuntan, dokter, jurnalis akan tergantikan oleh robot. “Jadi 58 persen pekerjaan akan hilang atau tergantikan,” kata Budiman di Hotel Haris Suites FX Sudirman, Jakarta, Ahad (20/5/2018).

Ancaman itu bukan saja dialami oleh para lulusan SMA atau S1 tapi untuk yang S2 dan S3 juga mengalami hal serupa. Maka dari itu, mantan Ketum PRD ini mengusulkan untuk membuat skema Universal Basic Income (UBI) di setiap level pemerintahan. Hal ini untuk mengatasi hilangnya pendapatan dari pihaknyang tergerus oleh sistem teknologi.

Baca juga :  Lembaga Pendidikan Diminta Mampu Atasi Masalah Global

“Jadi setiap orang yang menganggur mendapatkan gaji. Di desa ini bisa dengan anggaran desa untuk membuat Badan Usaha Milik Desa, sedangkan yang di kota Pemda-nya bisa lakukan UBI itu,” ujarnya.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com