Nasional

Selamatkan KPK, PB HMI : Presiden harus Segera Terbitkan Perpu

JAKARTA, EDUNEWS.ID– Desakan terhadap diterbitkannya Perppu KPK terus disuarakan oleh berbagai elemen masyarakat dan mahasiswa.

Pengurus Besar HMI MPO dalam aksinya Selasa (1/10/2019) kemarin, di Jalan Gatot Subroto Senayan, juga kembali menyerukan kepada presiden Jokowi untuk segera menerbitkan Perppu di tengah polemik penolakan hasi revisi UU Nomor 30 tahun 2020 tentang KPK.

“PB HMI (MPO) masih berpendapat seperti pada awal penolakannya. Perubahan UU Nomor 30 Tahun 2002 dicurigai sebagai upaya pelemahan KPK demi kepentingan segelintir elit negeri yang merasa terganggu atas kewenangannya yang power full,” kata Ketua Umum PB HMI, Zuhad Aji Firmantoro.

Menurut pengamatan PB HMI (MPO) sejauh ini KPK tidak pernah melakukan penyalahgunaan wewenang yang fatal sehingga membuat keadaan memaksa secara cepat harus memotong kewenangannya.

Baca juga :  Menkeu Sebut Jangan hanya Lihat Nominal Utang
Advertisement

“Bahwa KPK belum sempurna itu iya, tetapi mengamputasi kewenangannya dengan membabi buta juga bukanlah solusi menyelesaiakan masalah,” tutur Aji.

Apapun argumentasinya, kata Aji, hari ini KPK masih tetap memiliki tingkat kepercayaan publik yang sangat tinggi. Hal itu menunjukan bahwa masyarakat masih menyimpan harapan yang besar terhadap kinerja KPK untuk menjaga negri ini dari para koruptor.

“Kita menuntut Presiden sesuai kewenangannya mengeluarkan Peraturan Pengganti Undang-undangan (Perpu) untuk mengaktifkan kembali Undang-undang Nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi,” tegasnya.

Selain itu, PB HMI juga meminta kepada DPR untuk mendukung Perpu yang dikeluarkan oleh presiden tersebut sebagai upaya penyelamatan terhadap komitmen pemberantasan korupsi sebagaimana amanat reformasi 1998.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com