News

Solidaritas untuk Seko, GMNI Makassar Unjuk Rasa

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Makassar menyatakan sikap bergabung dengan gerakan ‘Solidaritas untuk Seko’ yang melakukan demonstrasi hari ini (8/4/2017) di Fly Over Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar.

Dalam orasinya Ketua GMNI Makassar, Hikmawan Pasalo menyatakan sikap tersebut merupakan panggilan budi nurani terhadap kesewenang-wenangan, ketidak adilan dan segala bentuk penindasan terhadap Rakyat kecil. Hikmawan mengatakan secara nasional perlawanan atas perampasan hak atas tanah dan sumber kehidupan ini seharusnya menjadi concern pemerintah pusat sampai ke daerah.

“Kalau di Jawa ada perlawanan petani dan buruh dari Kendeng. Di Sulawesi Selatan ada perlawanan petani dan buruh sekaligus masyarakat adat Seko dan warga Bara-Baraya Kota Makassar. Kami memperingatkan kepada penyelenggara negara dari pusat sampai ke daerah untuk menjalankan trisakti dan reforma agraria yang keberpihakannya terhadap rakyat dengan serius,” imbuhnya.

Baca juga :  Lawan Hoax, Kapolda Gorontalo dan UNISAN Bangun Sinergitas
Advertisement

Seperti yang diketahui sampai saat ini 13 Orang Petani di Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan di kriminalisasi oleh pihak PT Seko Power Prima karena melakukan penolakan terhadap perusahaan tersebut.

Aksi solidaritas kali ini juga menampilkan gelaran teatrikal yang menggambarkan perlakuan sewenang-wenang oleh penegak hukum, represifitas aparat militer, ketidakpedulian pemerintah setempat sebagai penyelenggara negara dan pemegang mandat rakyat. Aksi ini berjalan aman, hingga barisan massa aksi membubarkan diri.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com