Ekonomi

Sri Mulyani: Kami Sangat Hati-hati Mengelola Utang

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa pemerintah mengelola utang secara sangat hati-hati (prudent). Dia meyakini saat ini posisi utang pemerintah masih dalam kondisi aman.

Hal itu dia sampaikan dalam Raker Komisi XI kemarin, 17 Juni 2019 yang ditulis darisetkab.go.id, Selasa (18/6/2019).

Dia menjelaskan kebijakan pengelolaan ekonomi makro dalam mencapai tujuan pembangunan termasuk instrumen utang bersifat fleksibel. Jika kondisi ekonomi sudah membaik maka utang akan dikurangi sehingga ruang fiskal di APBN dapat ditingkatkan.

“APBN termasuk pembiayaan atau utang itu adalah instrumen. Pada saat ekonomi melemah, utang digunakan sebagai counter cyclical untuk meng-counterpelemahan,” paparnya.

Dia mengingatkan utang harus dilihat sebagai alat bukan tujuan. Misalnya pemerintah giat mengeluarkan surat utang yang bersifat retail (kecil) kepada masyarakat dalam negeri antara lain untuk memperluas pasar investasi.

Jika masyarakat dalam negeri lebih dominan berinvestasi di pasar utang pemerintah, diharapkan akan mengurangi volatilitas ketika terjadi goncangan ekonomi global.

“Fiskal (policy) itu didesain terutama defisitnya bukan sebagai stand alone policy (kebijakan yang berdiri sendiri) tetapi dia adalah bagian dari pengelolaan ekonomi makro di dalam rangka untuk mencapai tujuan-tujuan pembangunan,” ucapnya.

Dia memastikan bahwa utang dikelola sesuai amanat Undang-undang Nomor 17. Dia juga menjelaskan para pihak seharusnya tidak hanya fokus pada jumlah utang namun juga dari sisi kualitas alokasi belanja pemerintah yang digunakan untuk sektor-sektor produktif.

“Kami sangat hati-hati, extremely hati-hati mengelola utang. (Indikatornya antara lain) risiko bunga utang mengalami penurunan yang konsisten sejak mendapatkan investment grade sampai sekarang. Risiko valas kita upayakan menurun sekarang di bawah 40%. Utang jatuh tempo kita dalam waktu 3 tahun tetap stabil,” ujarnya.

dtk

Baca Juga :   Ini Alasan NasDem Jakarta Dukung Ahmad Sahroni Jadi Cagub!

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com