News

Tren Sunat ‘Jengger Ayam’, dr Boyke : Menimbulkan Penyakit

Pengamat kesehatan seksual dr Boyke Dian Nugraha.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Ada saja cara orang mengejar performa dan kepuasan seksual, tak jarang malah membahayakan. Salah satunya tren sunat model ‘jengger ayam’ yang sempat ngetren beberapa waktu silam.

Sebenarnya sama saja dengan sunat biasa, hanya saja tekniknya dibuat sedemikian rupa alias ‘custom’ sehingga menyisakan jaringan parut yang membentuk pola tertentu. Tekstur yang berbeda ini diharapkan bisa memberi rangsangan ekstra saat berhubungan seks.

Pengamat kesehatan seksual dr Boyke Dian Nugraha mengingatkan, kepuasan seksual khususnya pada wanita tidak serumit yang dibayangkan karena titik sensitifnya ada di sepertiga bagian atas vagina. Karenanya, tidak perlu ‘aneh-aneh’ untuk bisa menjangkaunya.

“Penggunaan bahan-bahan tambahan (custom), daging berlebih, itu secara medis justru akan membuat luka pada daerah vagina,” ujar dr Boyke, Kamis (9/4/2021).

“Jadi, itu (custom) tidak akan menambah kepuasan seksual. Tetapi justru menimbulkan penyakit. Itu harus diperhatikan,” tambahnya.

Pendapat senada juga disampaikan oleh ahli bedah saraf Prof Dr dr Andi Asadul Islam, SpBS(K). Menurutnya, tren sunat yang seperti ini tidak dianjurkan oleh para dokter.

“Terus terang itu berbahaya, untuk laki-lakinya dan perempuannya. Mohon jangan melakukannya, yang biasa-biasa aja,” pesan Prof Andi.

dtk

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com