Nasional

Tunjuk-tunjuk Emil Salim, Arteria Dahlan Tolak Minta Maaf

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Politikus PDI Perjuangan Arteria Dahlan menuai banyak kecaman lantaran sikapnya saat berdebat dengan ekonom UI Emil Salim dalam acara Mata Najwa di Trans7. Saat ditanya soal kemungkinan ia meminta maaf, Arteria justru ingin Emil Salim menarik ucapannya.

“Saya minta Prof Emil tarik ucapannya. Baca dulu revisi UU KPK, pahami fakta hukum dan sosial yang ada, bicara sesuai keahlian saja. Beliau kan ekonom tapi bicara seolah-olah ahli hukum,” kata Arteria saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (10/10/2019).

Menurut Arteria, tidak tepat kalau Emil Salim dengan latar belakang ekonom tiba-tiba berbicara soal hukum terkait Revisi UU KPK.

“Beliau tidak memahami dengan benar materi muatan yang ada di Revisi UU KPK tiba-tiba berpendapat banyak kelirunya, sudah dicoba untuk diklarifikasi tapi justru menyerang kehormatan, tidak hanya menghina bahkan menista kami tapi juga institusi DPR,” kata dia.

Arteria pun menyatakan diri tetap berpegang pada apa yang diyakininya. Ia menyatakan, akan terus mempertahankan argumennya soal UU KPK tersebut.

“Bagi saya ini masalah perjuangan ideologi, saya datang untuk melakukan dialektika kebangsaan, bukan untuk debat kusir dan penggiringan opini. Dari sejak awal saya melihat ini sudah tidak sehat,” ucap Arteria.

Arteria menyayangkan sikap Emil Salim dalam debat yang dinilainya justru menjelekkan DPR RI. Arteria pun mengulas balik latar belakang Emil Salim yang pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian di era Soeharto.

“Jangan bicara DPR banyak yang ditangkap, tapi sadar tidak beliau dibesarkan oleh Orba yang penuh dengan perilaku koruptif. Apa yg beliau perbuat? Jangan tiba tersadarkan saat ini dan merasa diri lebih hebat lebih bersih dari kami-kami yang di DPR,” ucap Arteria.

“Apa yang beliau perbuat sewaktu jadi menteri dahulu? Kok gak berani bicara seperti ini waktu beliau menjabat dahulu, koreksi DPRnya koreksi presidennya. Kan tidak dia lakukan,” tutur Arteria menambahkan.

Ia pun menyayangkan pergeseran pembahasan soal Perppu menjadi pembahasan sikap dirinya.

“Sekarang yang dibahas bukan Perppu lagi tapi sikap saya yang kurang sopan. Lah, kita ini belajar jujur dan menyatakan yang benar saja tidak berani,” tutur Arteria.

Baca Juga :   Pakar Hukum Tata Negara Prediksi Gugatan Pilpres Anies dan Ganjar Dikabulkan MK

Diketahui Arteria Dahlan menerima banyak kecaman terkait sikapnya saat adu argumen dengan ekonom Profesor Emil Salim dalam debat terkait Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) UU KPK.

Dalam debat yang ditampilkan dalam program Mata Najwa episode Ragu-ragu Perppu, Arteria menunjukkan sikap yang meluap – luap, sampai menunjuk-nunjuk Emil Salim. Pada mulanya, Arteria bicara soal operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK yang dinilainya dipandang publik berlebihan. Padahal, menurut dia, banyak janji KPK yang tidak tercapai.

Pernyataan Arteria itu kemudian dibalas Emil dengan menyinggung soal ketua partai yang terjerat kasus di KPK.

“Apa semua ketua partai masuk penjara, apa itu tidak bukti keberhasilan KPK?” tegas Emil.

Tetapi menurut Arteria, penangkapan ketua partai itu sebagian kecil dari kerja KPK. Arteria menyoroti sejumlah hal mulai dari monitoring hingga pencegahan. Arteria bahkan ‘menguliahi’ profesor dari almamaternya sendiri.

“Bagaimana penindakannya, bagaimana juga supervisi, monitoring ini dan koordinasi ini tidak dikerjakan Prof, tolong jangan dibantah dulu Prof,” kata Arteria.

Arteria pun bicara soal alasan pembentukan dewan pengawas hingfa sejumlah kasus korupsi yang menurut dia tak diangkat KPK, misalnya dana bencana, kasus KONI hingga kasus pasar Sawit. Emil Salim lantas mengatakan, ada kewajiban dalam UU KPK untuk menyampaikan laporan. Namun Arteria menepis hal tersebut.

“Mana Prof, saya di DPR, Prof. Tidak boleh begitu Prof, saya yang di DPR saya yang tahu, mana Prof? Sesat, ini namanya sesat,” ucap Arteria memotong pernyataan Emil dengan menunjuk-nunjuk Emil dengan posisi setengah berdiri.

Arteria dengan Emil Salim juga terus berdebat di segmen lain, misalnya soal demokrasi, pemilihan dan korupsi. Arteria pun menyinggung proses Emil menjadi Menteri Pertanian di era Soeharto, kali ini dengan suara keras.

“Anda bisa jadi menteri karena proses politik di DPR, Pak jangan salah,” ujar Arteri.

Bahkan, dalam beberapa perdebatan, Arteria masih terus menunjuk – nunjuk Emil, meskipun Emil sempat mengingatkan sikapnya.

“Kasih contoh pak ke generasi muda kita, bernegara dengan baik, beradab dengan baik dan beretika dengan baik,” ujar Emil.

rpl

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com