Ekonomi

Warga Asing Jadi Bos BUMN, Menko Luhut : Tidak Masalah

Luhut Binsar Panjaitan

JAKARTA, EDUNEWS.ID — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, wacana memberikan kesempatan kepada orang asing untuk menduduki posisi direktur utama (chief executive officer/CEO) di beberapa BUMN tidak berlebihan.

Praktik mempekerjakan tenaga profesional asing, termasuk menjadikan mereka sebagai pimpinan perusahaan milik pemerintah, menurut dia, bukan hal baru.

“Menurut saya ini bukan hal yang aneh,” kata Luhut lewat siaran pers, Kamis (19/1/2017).

Luhut mengungkapkan, maskapai penerbangan Oman Air dan Malaysia Airlines yang melakukan hal serupa. Sementara di dalam negeri, ia menyinggung soal pelatih tim nasional PSSI yang mempekerjakan warga asing dalam beberapa tahun terakhir.

“Atau warga asing yang menjadi Direktur di PT Indosat dan PT Telkomsel. Di era globalisasi saat ini, pergerakan profesional dari suatu negara ke negara lain, pada akhirnya sulit kita hindari,” kata Luhut.

Baca juga :  Dulu Berpolemik, Kini Pesawat Sriwijaya Air Dapat Kembali Terbang
Advertisement

Mneurut Luhut, jika kebijakan ini diterapkan, pemerintah tentu memilih profesional asing yang bermutu.

“Kemudian kinerja mereka bakal terus diawasi dan dipantau,” tegasnya.

Ia menilai, kehadiran para profesional asing bisa memacu kompetisi. Dengan demikian para profesional domestik bakal terpacu meningkatkan kinerja.

“Peningkatan kompetisi kinerja di antara eksekutif BUMN akan meningkatkan kinerja BUMN kita secara menyeluruh. Dengan demikian penempatan orang asing sebagai CEO dapat berdampak positif bagi kinerja ekonomi negara kita,” ujar Luhut.

 

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com