Ekonomi

Warga Papua Segera Nikmati Transportasi Kereta Api

JAYAPURA, EDUNEWS.ID – Tunjang sarana transportasi di Kota Jayapura, Pemerintah Provinsi Papua berencana membangun LRT (Light Rail Transit) sepanjang 37 kilometer (km) antara Stadion Mandala Jayapura hingga ke Bandara Sentani Kabupaten Jayapura.

Konsultan perencana pembangunan LRT Dominggus Orbon memaparkan, jika jenis kereta api yang akan digunakan untuk transportasi di Papua utamanya di kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura adalah jenis kereta api ringan buatan Jepang, dengan dua hingga tiga gerbong kereta.

“Ini jenis kereta api ringan, buatan Jepang, karena saat ini industri perkeretaapian yang maju adalah di negara ini, dan kenapa menggunakan jenis kereta ringan, karena ini perkotaan, jadi difokuskan pada angkutan penumpang,” kata Urbon dikutip okezone, Ahad (20/11/2016).

Lebih lanjut, kata Urbon, pembangunan kereta api tersebut dinilai sangat efektif karena selain solusi transportasi di Kota Jayapura, juga di maksudkan untuk menyasar promosi wisata di Kota dan Kabupaten Jayapura.

“Melihat topografi Papua yang sangat rumit, ditambah tidak adanya lahan untuk pembangunan jalan lagi, maka kereta api adalah solusinya, di tambah topografi Papua umumnya sangat sulit, maka ini solusi yang terbaik. Kedepan karena lintasan kereta api melewati pegunungan Syklop dan pantai di Kota Jayapura, maka harapan kami bisa mendongkrak sektor Pariwisata kita,” ujarnya.

Jalur kereta api sepanjang 37 km tersebut, nantinya sesuai dengan perencanaan akan di bangun 11 stasiun yang di anggap strategis untuk tarikan penumpang. Dengan menggunakan sistem elevation dan dibangun di media jalan, sehingga tidak membutuhkan anggaran yang besar untuk pelepasan lahan.

“Ada 11 stasion rencananya, yaitu, di Depan Stadion Mandala, Depan Kantor Gubenur, Depan GOR, Terminal Mesran, Pasar Hamadi, Entrop, Pasar Youtefa Abepura, Tanah Hitam atau Abe Pantai, Expo Waena, Kampung Harapan, dan stasiun yang berada dekat bandara Sentani. Sekitar 80 persen itu di media jalan, dan sisanya baru lahan masyarakat, yang tentunya pemerintah daerah akan andil dalam hak ini,” paparnya.

Baca Juga :   Praktik Baik di Peternakan Terintegrasi Balaraja: Sholawat Diperdengarkan di Kandang Sapi

Pembangunan kereta api di Papua sesuai dengan program Presiden Joko widodo akan di bangun hingga ke Papua Barat. Dimulai dari wilayah kota Jayapura, selanjutnya ke Kabupaten Sarmi, wilayah pegunungan Papua dan tembus hingga ke Timika, dan ke Papua Barat di Manokwari dan Sorong.

Sumber : okezone

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 085171117123

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  085171117123

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com