News

YLKI Minta Pemerintah Audit Rest Area di Jalan Tol

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta kepada otoritas jalan tol dalam hal ini Kementerian Perhubungan dan juga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) untuk mengaudit kehandalan tempat istirahat (rest area)di jalan tol. Langkah tersbeut untuk memastikan kenyamana pemudik terjaga pada saat mudik lebaran 2018 mendatang.

Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi mengatakan, permintaan audit tersebut menyusul mulai tersambunganya jalan tol Transjawa dari Merak menuju Surabaya. Sehingga hal tersebut akan mengakibatkan peningkatan lalu lintas yang signifikan di Jalan Tol.

“Sangat mungkin kemacetan di jalan tol akan lebih parah daripada kemacetan mudik Lebaran tahun sebelumnya,” ujarnya, Ahad (20/5/2018/2018). Bahkan menurut Tulus, peningkatan arus lalu lintas akan jauh diatas dari prediksi.

Baca juga :  Heboh, Driver Taksi Online ini Beritahu Cara Lewat Tol Tanpa Bayar

Apalagi, pemerintah juga mengeluarkan kebiajakan kepada para pemudik untuk memanfaatkan jalan tol untuk mudik dengan kebijakan diskon tarif tol.

Selain itu lanjut Tulus, bisa jadi salah satu pemicu kemacetan di jalan tol bisa dipicu oleh keberadaan rest area. Sehingga diperlukan manajemen lalu lintas lebih cerdas dan kreatif agar hal itu tidak terjadi.

Tulus menyebut, beberapa hal yang perlu diaudit pada tempat istirahat di sepanjang jalan tol adalah terkait akses air bersih, pengelolaan toilet, tempat ibadah, SPBU, hingga harga makanan di area itu.

“Selain membludaknya volume traffic, kemacetan lalu lintas di jalan tol dipicu oleh keberadaan rest area. Diperlukan management traffic yang lebih cerdas dan kreatif di rest area jalan tol, agar hal itu tidak terjadi.

Baca juga :  Tips Mudik Ala Mahasiswa

YLKI minta Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Korlantas Mabes Polri, pengelola jalan tol, dan dinas perhubungan setempat, untuk mengaudit keandalan rest area jalan tol untuk persiapan mudik Lebaran,” jelasnya.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com