OLAHRAGA

Kiper 74 Tahun Asal Israel Ini Pecahkan Rekor Pemain Tertua di Dunia

 

EDUNEWS.ID – Biasanya seorang pemain bola akan pensiun di usia 35 tahun atau jika kiper bisa sampai 40 tahun. Namun hal tersebut justru dipatahkan oleh kiper asal Israel Isaak Hayik atau Yehuda.

Hayik memecahkan rekor dunia sebagai pemain tertua yang masih aktif sebagai pesepak bola profesional, saat tampil membela Maccabi Ramat Gan pada 5 April 2019 lalu.

Saat itu, Hayik telah menginjak usia 74 tahun, yang secara resmi masuk dalam Guinness World Record. Sertifikat rekor tersebut diberikan oleh perwakilan Guinness dari London. Hayik memang secara langsung menulis surat undangan terhadap Guinness. Ia berpikir dirinya akan memecahkan rekor sebagai kiper tertua.

Namun ternyata Guinness mengatakan kepadanya bahwa ia tidak hanya menjadi kiper tertua, melainkan sebagai pemain sepak bola profesional tertua di dunia. Rekor tersebut sebelumnya dipegang oleh pemain asal Uruguay Robert Carmona, yang masih bermain di usia 53 tahun pada 2015 lalu.

”Ini bukan hanya sumber kebanggaan untuk saya, melainkan juga untuk olahraga negara saya secara umum,” kata Hayik dikutip dari Israel21, Selasa (16/4/2019).

Hayik bahkan menulis di Facebook bahwa beberapa rekan setimnya sudah seperti cucunya sendiri. Hayik mulai bermain bola sejak 50 tahun atau 60 tahun lalu. Dalam tulisannya tersebut, ia menyebut usia hanyalah sebuah angka. Namun dirinya sadar selalu dapat mewujudkan mimpi jika percaya pada diri sendiri.

”Salam dari saya, pesepak bola aktif tertua di dunia,” tulis Hayik di laman Facebooknya.

Hayik yang lahir di Irak, menjadi imigran di Israel bersama orang tuanya saat masih berusia 4 tahun atau saat aksi anti-Yahudi sedang besar-besarnya di Timur Tengah dan negara Afrika Utara.

Hayik telihat gembira setelah menjalani pertandingan yang dilakoninya jelang upacara pemberian sertifikat. Anak Hayik, Moshe (36 tahun), mengatakan dirinya sudah bermain bola dengan sang ayah sejak masih kecil.

”Saya selalu lelah lebih dulu dibanding dia. Dia (Hayik) sangat di luar dugaan,” ujarnya.

Pemain terakhir yang juga mencatatkan rekor tertua adalah kiper tim nasional Mesir Essam El-Hadary. Essam menjadi kiper tertua sepanjang masa yang tampil di Piala Dunia, ketika Mesir berhadapan dengan Arab Saudi Juni tahun lalu. Essam saat itu berusia 45 tahun 161 hari. Ia mengalahkan rekor yang dipegang oleh kiper Kolombia Faryd Modragon, yang tampil di Piala Dunia 2014. Mondragon saat itu berusia 43 tahun lebih tiga hari saat tampil melawan Jepang.

rpl

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!