OLAHRAGA

Netizen Malaysia Kecam Kesalahan Bendera di Kejuaraan Internasional

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Setelah asosiasi basket Malaysia, kini Facebook Kejuaraan Taekwondo Internasional CK 2020 salah menampilkan Bendera Malaysia.

Acara, yang diselenggarakan oleh Selangor Taekwondo, akan berlangsung di Shah Alam mulai 14-16 Agustus tahun depan, menurut laporan The Star, 29 November 2019.

Unggahan Facebook Kejuaraan Taekwondo Terbuka Internasional CK Classic, yang menggambarkan Bendera Malaysia dengan bintang lima telah menuai banyak kritik. Unggahan poster sejak itu telah dihapus, tetapi terlanjur viral dan dikecam netizen.

Bendera Malaysia yang benar terdiri dari bintang bersudut 14 dan 14 garis merah dan putih yang mewakili 13 negara bagian dan satu Wilayah Federal.

Asosiasi Bola Basket Malaysia (MABA) baru-baru ini dikecam karena salah menampilkan Bendera Malaysia atau Jalur Gemilang di papan skor saat upacara pembukaan Kejuaraan Bola Basket U-15 Nasional di Kuala Lumpur.

MABA segera meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan kontraktor yang melakukan presentasi Bendera Malaysia.

Sebelumnya pada Rabu, 27 November, sebuah gambar yang menunjukkan bendera Negara Bagian Perak terbalik di salah satu jersey pemain bola basket negara juga telah membuat putaran di media sosial.

Asosiasi Bola Basket Perak sejak itu meminta maaf atas gambar yang menunjukkan bendera Perak terbalik di kaus salah satu pemainnya.

Ketua Komite Olahraga Negara Perak Howard Lee mengatakan mereka telah mengirim surat protes kepada asosiasi meminta penjelasan dan menemukan bahwa itu adalah kesalahan yang dibuat oleh pemasok jersey.

“Saya mengerti bahwa kesalahan itu tidak disengaja, dan hanya satu jersey yang terlibat. Pelatih tim telah berjanji bahwa itu tidak akan terulang,” ucap Lee pada Rabu.

Sementara itu, terkait dengan Bendera Malaysia di unggahan Facebook Taekwondo, Ketua organisasi C.K. Karan, yang adalah presiden CK Club dan Selangor Taekwondo, pada Rabu mengklarifikasi bahwa itu adalah logo warna Selangor dan Malaysia dan bendera nasional.

“Apa yang telah kami tampilkan di poster itu bukan bendera, tetapi sebuah logo yang dibuat untuk mewujudkan Malaysia dan Selangor, sebagai negara tuan rumah dan negara bagian untuk acara tersebut,” tutur C.K. Karan, dikutip dari New Straits Times.

“Bintang berujung lima (bagian dari bendera Selangor) adalah untuk menunjukkan acara tersebut diselenggarakan oleh Selangor, dan untuk menunjukkan bahwa para pesertanya berasal dari lima benua. Itu citra yang dibuat seorang seniman.

“Tujuan utama kami untuk menggelar acara ini adalah untuk atlet lokal untuk bersaing dan mendapatkan paparan. Kami ingin bergerak maju dan akan mengubah bintang,” ujarnya.

Karan mengatakan dia telah mengirim surat penjelasan insiden Bendera Malaysiatersebut kepada otoritas terkait.

tmp

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com