Internasional

Kematian akibat Virus Corona Meningkat Versi WHO

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan tingkat kematian akibat virus corona meningkat.

Mereka menyatakan virus tersebut menyebabkan penyakit Covid-19 yang lebih mematikan dari virus flu musiman.

Menurut Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, tingkat kematian yang disebabkan virus corona saat ini mencapai 3.4 persen.

“Banyak orang yang tidak bisa bertahan dari infeksi, dan sebagian akan jatuh sakit. Secara global, tingkat kematian penyakit covid-19 sekitar 3.4 persen. Jika dibandingkan, flu biasa menewaskan kurang dari satu persen orang yang terinfeksi,” ujar Tedros dalam jumpa pers di Jenewa, Swiss.

Seperti dilansir CNN, Kamis (5/3/2020), WHO menyatakan ada peningkatan tingkat kematian virus corona setelah sebelumnya dinyatakan mencapai dua persen dari seluruh kasus yang terjadi di dunia.

Tedros menyatakan sampai saat ini belum ada orang dinyatakan kebal terhadap virus tersebut.

“Banyak orang di dunia kebal terhadap virus flu biasa, tetapi belum ada yang bisa bertahan dari Covid-19,” ucap Tedros.

Meski demikian, WHO menyatakan tingkat kasus virus corona di China yang menjadi sumber awal wabah semakin menurun. Namun, jumlah infeksi dan kematian di luar China justru bertambah.

Pakar penyakit menular dan epidemiologi Universitas Edinburgh, Prof. Mark Woolhouse, menyatakan tidak sepakat dengan pernyataan WHO. Menurut dia ada kemungkinan WHO turut memasukkan korban virus corona yang mengalami infeksi ringan.

Sedangkan pakar Pusat Model Matematika Penyakit Menular di Sekolah Kedokteran Penyakit Tropis London, Prof. John Edmunds, mengatakan saat ini sangat sulit untuk menentukan tingkat kematian akibat virus corona. Penyebabnya adalah waktu antara infeksi dan kematian yang ditimbulkan cukup panjang.

Korban meninggal akibat virus corona di seluruh dunia sampai pada hari ini mencapai 3.254 orang. Sedangkan mereka yang dinyatakan sembuh mencapai 51.171 orang.

Kasus infeksi virus corona secara global tercatat mencapai 95.124 orang.

cnb

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com