Beasiswa

Ingin Kuliah ke Shizouka Jepang ? Daftar Beasiswa Berikut

 

EDUNEWS.ID– Shizouka University melalui program Asia Bridge Program (ABP) secara rutin memberikan beasiswa bagi siswa lulusan SMA atau sederajat. Program beasiswa S1 ( sarjana) ini diperuntukan khusus bagi siswa berasal dari Indonesia, Vietnam, Thailand, Myanmar dan India. Kurikulum ABP Shizouka menekankan pada pengembangan keahlian teknis, bisnis, berpikir ilmiah dan kemampuan interpersonal.

Para kandidat terpilih melalui kurikulum ini akan terhubung dengan berbagai perusahaan global melalui berbagai kegiatan seperti; magang, ceramah, seminar dan lokakarya.

Beberapa perusahaan mitra yang menjadi tempat lulusan bekerja di antaranya; AEON, Aisin, Ajinomoto Healthy Supply, Brother, Canon, Denso, Fuji Electric, Fujitsu, Hitachi, Honda Motor, Kyocera, Mitsubhisi Chemical, NEC, NGK, Nissan Motor, Panasonic, Ricoh, Seiko Epson dan masih banyak lainnya.

Selama semester pertama para kandidat terpilih akan mengikuti pelajaran intensif bahasa Jepang dan juga pelajaran dasar ABP. Pilihan program studi Beberapa pilihan program studi pilihan melalui ABP Shizouka yakni:
Fakultas Ilmu Budaya dan Sosial:
Jurusan Sosial dan Kajian Manusia, Jurusan Bahasa dan Sastra, Departemen Hukum, dan Jurusan Ekonomi.
Fakultas Pendidikan: Kursus Pelatihan untuk Guru Sekolah.
Fakultas Informatika: Jurusan Ilmu Komputer, Departemen Perilaku Informatika dan Departemen Sosio – Informasi Studi.
Fakultas Sains: Departemen Matematika, Departemen Fisika, Departemen Kimia, Departemen Biologi dan Departemen Geosains.
Fakultas Teknik: Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Elektro dan Elektronika, Departemen Ilmu Elektronik dan Material, Jurusan Kimia Terapan dan Teknik Biokimia dan Jurusan Teknik Matematika dan Sistem.
Fakultas Pertanian: Departemen Ilmu Bioresource dan Departemen Ilmu Pengetahuan Terapan.

Cakupan Beasiswa Cakupan beasiswa ABP Shizouka meliputi: Bebas biaya perjalanan dan biaya masuk. Gratis biaya kuliah tahun pertama. Tahun kedua hingga keempat akan mendapatkan potongan 50-100% tergantung pada prestasi akademik. Uang saku bulanan untuk tahun pertama.
Persyaratan beasiswa
1. Warga negara Indonesia dan mampu mendapatkan izin kependudukan untuk berkuliah di universitas Jepang sesuai dengan peraturan imigrasi Jepang.
2. Telah lulus SMA/SMK/sederajat atau lulus ujian nasional/IB atau sederajat.
3. Telah berusia 18 tahun sebelum 30 September 2019.
4. Membuat esai dalam bahasa Jepang dengan panjang 500 kata berisi motivasi melamar beasiswa, bidang akademi yang diminati dan jalur karir yang dipilih setelah lulus studi.
5. Pasfoto terbaru ukuran 35mm x 45mm.
6. Transkrip nilai akademik kelas 10, 11 dan 12 serta ijazah bila sudah memiliki.
7. Hasil tes EJU (tes masuk universitas Jepang).
8. Tes kecakapan bahasa Inggris TOEFL/TOEIC/IELTS.
9. Tes kecakapan bahasa Jepang JLPT bagi yang belum memiliki EJU.
10. Form persetujuan atasan atau perusahaan bagi yang telah berstatus karyawan.

Prosedur pendaftaran Peserta dapat mendaftarkan langsung secara online melalui tautan berikut: http://www.abp.icsu.shizuoka.ac.jp/eng/undergraduate/admissions/ Pendaftaran telah dibuka tanggal 12 November 2018 dan akan ditutup tanggal 30 November 2018.

Pengumuman hasil seleksi pertama akan disampaikan tanggal 17 Januari 2019. Selanjutnya akan dilakukan wawancara melalui Skype pada awal Februari 2019 dan akan diumumkan pada 8 Maret 2019. Bagi kandidat yang lulus, jadwal perkuliahan akan dimulai tanggal 1 Oktober 2019.

Sumber : Kompas

Facebook Comments

Most Popular

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 08114167811

Copyright © 2016-2018 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!