Beasiswa

ITC Centre Buka Kesempatan bagi Siswa SMA di Kutim Kuliah di Tiongkok

KUTAI TIMUR, EDUNEWS.ID – Program Indonesia Tionghoa Culture Centre (ITC Centre) memberikan peluang bagi Siswa SMA di Kutai Timur (Kutim), Kaltim, untuk kuliah di perguruan tinggi Tiongkok. Yakni melalui jalur beasiswa maupun jalur mandiri.

Kepada puluhan siswa SMA 1 Sangatta Utara, Education Consultant Taajuddin Muslim menerangkan, program ini terdiri dari program kedokteran selama 6 tahun. Biaya yang dihabiska hanya sekira Rp 250 juta.

Selain itu, ada juga program beasiswa bagi D3. Namun dengan syarat, bersangkutan mengikuti kursus bahasa Tiongkok di Surabaya selama setahun. Kemudian melanjutkan kuliah gratis di negeri Tirai Bambu –sebutan negera Tiongkok. Termasuk mendapatkan asrama gratis.

“Program ini sudah berjalan sejak tahun 2001. Hanya saja, belum ada perwakilan calon mahasiswa yang berasal dari Sangatta, Kutim,” katanya, seperti diberitakan Berau Post.

ITC Centre ini adalah lembaga yang didirikan mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan. Para Education Consultant diminta mensosialisasikan program ini di Kaltim. Salah satunya yakni di Kutim.

Baca juga :  Khusus Mahasiswi, Ini Tawaran Beasiswa Khusus Kuliah di Inggris

“Sebelumnya, kami sudah mensosialisasikan program ini di Bontang, Kutai Kartanegara, dan Melak,” sebutnya.

Menurutnya, tahun lalu banyak calon mahasiswa yang tergabung dari Kaltara dan Kalteng. Di wilayah Kaltim, ada 10 orang yang berasal dari Samarinda dan Kukar. Sebanyak 350 calon mahasiswa dilepas langsung Dahlan Iskan.

Advertisement

“Saya berharap ada pelajar Kutim yang bisa mengikuti program ini. Nantinya, ilmu yang mereka dapatkan, selain bermanfaat sebagai modal mereka bekerja. Nanti bisa memberikan motivasi bagi pelajar lain supaya lebih giat lagi belajar,” katanya.

Taajuddin menawarkan, jika ada yang berminat bisa menghubunginya di nomor 082232193888, atau Peni Witjaksono 081330978978.

Calon mahasiswa juga bisa mendaftar langsung ke kantor di Graha Pena 14 Floor Room 1401A, Jalan Ahmad Yani nomor 88 Surabaya. Telepon 0318202148, atau faks 0318250093.

Kepala SMA 1 Sangatta Utara Hasbi memberikan apresiasi dengan adanya program ITC Center. Menurutnya, program ini memberikan peluang bagi pelajar Kutim untuk belajar di negara-negara maju.

“Program ini tentu sangat bagus. Memotivasi para pelajar untuk lebih giat lagi belajar. Di SMA 1 Sangatta Utara tahun ini akan ada 2275 pelajar yang menamatkan sekolah. Semoga ada dari mereka yang bisa mengikuti program ITC Center,” pungkasnya.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com