SASTRA

Disalip Amerika Serikat, Indonesia Gagal Terima Nobel Sastra 2016

Gambar Bob Dylan dalam Azkena Rock Festival 2010 (sumber : wikimedia.org)

BOGOR, EDUNEWS.id – Pemenang penerima penghargaan Nobel tahun 2016 telah usai, para pemenang telah diumumkan. Penerima Nobel didominasi oleh Ilmuwan Amerika Serikat Tiga orang Fisikawan yang lahir di Inggris. Tapi, sekarang bekerja di Amerika Serikat dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada Selasa (3/09/16) untuk penelitian sifat aneh dari materi ekstrim, termasuk superkonduktor, superfluids dan film tipis magnetik.

Di bidang ekonomi Ilmuwan Amerika Serikat kelahiran Inggris ada Oliver Hart dan Bengt Holmstrom dari Finlandia raih Hadiah Nobel Ekonomi tahun 2016 berkat pemikiran mereka atas teori kontrak. Dan satu-satunya wakil Asia dari Japan Yoshinori Ohsumi. Ia menerima anugerah Nobel karena menemukan proses sel mendaur ulang kandungannya. Sebuah proses yang dikenal sebagai autophagy, istilah Yunani untuk “self-eating.”.

Baca juga :  Cerpen: Kamisan

Pada hari Kamis (13/10/2016) di Stockholm, Swedia Penerima Nobel sastra dianugerahkan kepada Bob Dylan. Dia seorang penyanyi dan penulis lagu pertama yang mendapatkan penghargaan tersebut. Dia dianggap memberikan ekspresi puitis baru dalam tradisi lagu Amerika Serikat. The Swedish Academy’s Permanent Secretary,

Advertisement
Sara Danius, mengatakan dia adalah seorang penyair besar dalam tradisi bahasa Inggris, karyanya bisa disejajarkan dengan penyair Yunani kuno.

Bob Dylan Memenangkan Hadiah Nobel tahun 2016 untuk musik sastra dan lirik-lirik lagunya ditujukan pada generasi tahun 1960 yang penuh gejolak dan membantu menggembleng gerakan hak-hak sipil. Sebelum, menerima Nobel Sastra Dylan telah menerima sepuluh Grammy Awards, termasuk Album of the Year; satu Golden Globe dan satu Academy Award. Pada tahun 2008, Dylan memenangkan kutipan khusus Pulitzer Prize untuk “dampak yang mendalam pada musik populer dan budaya Amerika, ditandai dengan komposisi liris dari kekuatan puitis yang luar biasa. Atas penghargaan tersebut dia berhak menerima hadiah uang sebesar 8 juta kronor atau sekitar Rp 11 miliar.

Sementara, Indonesia gagal menerima nobel sastra tahun ini karena belum masuk nominasi. Sebab, Dilan Di Indonesia masih sibuk pacaran sejak tahun 1990 dan diikuti oleh banyak penggemarnya. Dilan Tampaknya lesu, gagal menerima Nobel sastra

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com