SASTRA

Sejarah Air Laut Menjadi Asin

Oleh: Hari Nugraha*

CERPEN, EDUNEWS.ID – Pada zaman dahulu, ada sebuah keluarga kecil yang bahagia. meskipun hidup sederhana, tetapi mereka selalu senang menghadapi kehidupannya. Kasito adalah kepala keluarga tersebut. setiap hari ia mencari nafkah untuk anak dan istrinya.

Di balik itu, ternyata ada seseorang yang sangat membencinya. Orang itu bernama Kocagi. Ternyata Kocagi adalah siluman dari ular Cobra. Dan dia juga bisa menyuruh ular-ular untuk mematuhi dirinya.

Suatu hari di saat malam hari, Kocagi menyuruh banyak ular untuk mendatangirumah Kasito. Disaat keluarga Kasito tertidur banyak ular berdatangan. Keluarga Kasito banyak yang terluka. Tetapi untungnya tidak kehilangan anggota keluarganya.

Suatu saat Kasito mendatangi rumah Dukun. Dukun itu memberinya suatu jimat yang dapat mengeluarkan benda yang bernama garam. Menurut dukun garam bisa membuat seekor ular kesakitan.

Baca juga :  Menelisik Novel Di Bawah Naungan-Mu

Di malam hari sebelum tidur Kasito berencana membunuh para ular itu. Keluarganya sudah tertidur semua, tetapi iaber pura-pura tertidur sambil memegangi jimat itu. Tiba-tiba para ular datang ketempat tidurnya Kasito. Kasito langsung menekan jimat yang ia pegang dan langsung mengeluarkan banyak sekali garam. Banyak ular mati dalam waktu singkat. tiba-tiba salah satu ular yang sangat besar berubah menjadi manusia dan manusia itu adalah Kocagi, tetangga Kasito. Kocagi pun tewas bersama para ular pengikutnya. Setelah itu ia menekan tombolnya kembali agar jimatnya berhenti mengeluarkan garam.

Setelah itu Kasito berniat menyimpan banyak garam agar dapat dimanfaatkan oleh semua orang. Dia pun pergi ke laut. sesampainya disana ia langsung menekan tombol jimatnya dan membuangnya ke laut. Jimatnya pun terus mengeluarkan garam tanpa henti. Keluarga Kasito pun hidup bahagia.

Baca juga :  Puisi: Masa Indah Bersamamu

Masyarakat setempat pun percaya bahwa kejadian inilah yang membuat air laut menjadi asin.

Hari Nugraha. Mahasiswa Prodi Teknik Informatika UTY.

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!