Sosok

Donny Susilo, Pria Muda Multitalenta yang Bercita-Cita Mengubah Mindset Masyarakat

Donny Susilo

SOSOK, EDUNEWS.ID-Pria dengan multitalenta, adalah sebutan yang pas untuk ,Donny Susilo pria kelahiran Bondowoso yang kini menjadi penulis buku motivasi bisnis, puisi, konsultan dan peneliti di bidang bisnis dan ekonomi. Pada usia 24 tahun, beliau sudah merintis sebuah jasa konsultasi dengan brand Donny and Partners. Pria yang kini berusia 30 tahun ini, telah banyak membantu perusahaan baik dalam skala kecil maupun besar untuk membuat perencanaan usaha. Hal ini dapat dimanfaatkan perusahaan untuk mencari investor, partner dan lain sebagainya. Gagasannya yang hebat dan mentalitasnya yang positif telah menarik banyak pengusaha yang kebanyakan lebih tua dari dirinya, untuk mengandalkannya dalam perencanaan korporasi yang penting. Bahkan beliau pernah diminta membuat perencanaan untuk dana investasi sebesar 430 Milyar.

Baca juga :  Mengenal Sosok Buya Safii

Awal mulanya, pria keren yang akrab dipanggil dengan sebutan Donny ini datang ke kota Jakarta untuk mencoba peruntungannya. Kerasnya kehidupan di perkantoran ibu kota memotivasinya untuk berpikir keras untuk bagaimana mengubah keadaan agar bisa hidup bahagia seperti orang-orang yang sudah ada di atas sana. Donny melihat  begitu banyak orang yang menjadi wirausahawan dengan berbagai macam latar belakang yang berbeda-beda, tidak semua adalah lulusan luar negeri atau berasal dari keluarga konglomerat. Donny kemudian menyimpulkan bahwa perbedaan terbesar orang yang sukses dan tidak sukses, adalah pada pola pikirnya. Hal ini yang memotivasinya untuk terus-menerus mempelajari mengenai ilmu motivasi dan menuangkannya dalam bentuk tulisan.

Baca juga :  Mulyadi dan Wasiat Penyatuan HMI

Donny membagikan ilmunya lewat buku berjudul Teknik Negosiasi Kekinian, yang mana kini sudah dapat ditemukan di toko-toko buku seluruh Indonesia. Donny berkeyakinan bahwa negosiasi itu adalah kemampuan yang penting untuk dapat hidup sukses. “Hal paling mendasar yang menghalangi kita untuk sukses adalahnya adanya benturan kepentingan, sebagai contoh kita ingin digaji tinggi, namun perusahaan ingin menggaji rendah. Kita ingin mendapatkan dana investasi sebesar-besarnya sedangkan investor ingin mengeluarkan dana sekecil-kecilnya. Oleh karena itu, dibutuhkan ilmu bernegosiasi”, kata Donny.

Ketika ditanya mengenai bagaimana untuk dapat sukses di usia muda, Donny kembali menyarankan untuk bagaimana kita dapat mengalahkan diri kita sendiri terlebih dahulu. “Ketakutan dalam diri adalah hambatan yang paling besar, siapapun partner bisnis kita jika kita tidak dapat mengalahkan ketakutan di dalam diri, maka kita tidak akan bisa mengeksekusi rencana bisnis kita. Banyak orang bilang, jangan terlalu tinggi berharap karena jika jatuh akan sakit rasanya, itu salah!” Tegas Donny.

Baca juga :  Para Jenderal dari Tanah Batak
Advertisement

“Zaman dulu ketika belum ada internet, memang orang-orang membutuhkan waktu berpuluh-puluh tahun untuk belajar dan berkembang, alhasil biasanya mereka sukses di usia 40-60 tahun namun sekarang kaum millennial, yang lahir di dunia internet bisa memproses informasi 5x lebih cepat setiap harinya sehingga dengan peluang digitalisasi yang ada di luar dimana semua aktivitas manusia dapat dipermudah menggunakan teknologi, memberikan peluang untuk kaum muda memegang kendali dengan kreativitasnya, bahkan untuk menguasai perekonomian yang ada. Jadi bermimpilah setinggi-tingginya, dan walau jatuh pun anda akan jatuh diantara bintang-bintang yang indah”. Kata Donny.

Pada akhirnya, Donny menyarankan pada kaum muda agar membiasakan diri hidup sukses, karena dengan kebiasaan kemudian menjadi sebuah rutinitas yang menghasilkan. Hal ini penting karena semua orang ingin berhubungan bisnis dengan mereka yang sudah sukses, kesuksesan mencerminkan sebuah prestasi dan kualitas dari diri kita. Sangat jarang orang mau memberikan kita kesempatan karena kasihan dengan kita, jika kita hanya mengandalkan belas kasihan orang maka kita tidak akan pernah berkembang. Suatu saat kita perlu keberanian untuk membuat perubahan besar, mungkin tidak selalu target kita tercapai namun pasti ada hasil signifikan yang akan dirasakan. “Rahasia saya ketika kehilangan motivasi di masa-masa pandemik adalah mengingat masa lalu saya, masa-masa dimana saya masih belum mempunyai apa-apa, karena disanalah kita dapat melihat kemajuan yang telah dibuat” tutup Donny.

Untuk pertanyaan, Donny Susilo dapat dihubungi lewat Instagram: donny777_linshuilong

 

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com