Sosok

Mengenang ‘Mr Clean’ Mari’e Muhammad

Mari'e Muhammad

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kemarin, Minggu (11/12/2016), republik ini kembali kehilangan salah seorang putra terbaiknya. Dr. H. Mari’e Muhammad, M.Si. (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 3 April 1939). Meninggal dunia dalam usia 77 tahun.

Mari’e Muhammad adalah mantan Menteri Keuangan pada periode Orde Baru, ketika Soeharto berkuasa. Ia diberi gelar Mr. Clean karena perjuangannya memberantas korupsi di era-nya yang masih sarat dengan korupsi, khususnya di departemen keuangan yang dipimpinnya.

Semasa mahasiswa, Mari’e muda terlibat aktif di organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) hingga menduduki posisi Sekretaris Jenderal PB HMI periode 1966-1969, di HMI inilah bakat kepemimpinannya ditempah.

Pendidikan terakhir yang ditempuh adalah Master of Arts In Economics, Universitas Indonesia. Riwayat pekerjaan pada tahun 1969 – 1972 mengabdi Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara Departemen Keuangan RI. Pada Tahun 1972-1988 mengabdi di Direktorat Jenderal Pembinaan BUMN Departemen Keuangan RI dengan jabatan terakhir sebagai Direktur.

Baca juga :  Mbah Hasyim Asy'ari : Sang Revolusioner Pendiri NU
Advertisement

Pada tahun 1988-1993 mengabdi di Direktorat Jenderal Pajak, Departemen Keuangan sebagai Direktur Jenderal (Dirjen). Pada tahun 1993-1998 sebagai Menteri Keuangan Kabinet Pembangungan VI.

Tahun 2001-2004 sebagai Ketua Oversight Committee (OC) BPPN. Tahun 1999 – 2009 sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI). Sekarang ini ia menjabat Ketua Komite Kemanusiaan Indonesia (KKI), Ketua Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI), dan komisaris utama PT Bank Syariah Mega Indonesia.

Mantan Menteri Keuangan era Orde Baru, wafat di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Jakarta, banyak cerita indah mengiringi kepergiannya dari sahabat dan orang-orang yang pernah berinteraksi dengan Mr. Clean ini. Kita berharap rekam jejak beliau bisa menginspirasi dan menjadi teladan bagi generasi muda dalam membangun dan memajukan bangsa ini.

Sumber: Diolah dari wikipedia.org

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com