Sosok

Ragil Fachrul Annas, Pemenang Olimpiade Bahasa Jerman

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Sekilas, tidak ada yang berbeda dari seorang Ragil Fachrul Annas Muttaqin (16). Bertubuh semampai, dia nampak seperti siswa Sekolah Menengah Atas pada umumnya. Decakan kagum mengalir ketika Ragil memperkenalkan diri.

“Vorstellen, mein Name Ragil Fachrul Annas Muttaqin, Klasse 11 bei SMA Negeri 1 Kepanjen,” ujarnya dalam Bahasa Jerman.

Ragil merupakan salah satu pemenang dari Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional kerja sama Goethe Institute Indonesie, di Jakarta, Rabu (1/2/2017). Perkenalan siswa kelas XI ini dengan bahasa Jerman berawal dari kekagumannya terhadap perkembangan teknologi di negara federasi ini.

“Dari awal kelas X, yaitu mulai November 2015. Saya melihat Jerman itu negara teknologi jadi saya tertarik dengan teknologi,” ujarnya.

Baca juga :  Jan Koum dan Inspirasi Membangun WhatsApp

Kemudian, dia mengakui untuk dapat mendalami teknologi, lebih dahulu harus mempelajari bahasa Jerman.

Advertisement

“Jadi, dengan bahasa, saya bisa belajar banyak lagi. Untuk itu, saya pelajari bahasa Jerman dahulu. Nantinya, kepingin kuliah teknologi di sana,” jelasnya penuh semangat.

Selama mengikuti olimpiade, dari 31 Januari 2017 s.d. 1 Februari 2017, siswa dengan peminatan Sastra ini pun ditemani dengan seorang guru pendamping, yaitu Asriatull Fajriah, guru Bahasa Jerman di SMAN 1 Kepanjen.

Sebagai guru, Asriatull mengakui memiliki kemampuan bahasa asing di kalangan siswa sebagai penerus bangsa sangat penting yaitu sebagai jembatan untuk memahami ilmu yang lain.

“Pelajari bahasa asing dan salah satunya Bahasa Jerman, karena (dengan kemampuan bahasa) bisa menguasai ilmu apapun. Awalnya ya harus menguasai bahasa,” ujarnya.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com